
Sudah lama banget mau ke Karimun Jawa, benturannya uang atau waktu. Kadang ada uang gak ada waktu, atau sebaliknya. Nah, sekarang ada keduanya.
Uang memang bisa dicari. Trip ini dari Jakarta ke Jakarta lagi dari Explorer.id itu 1,6 juta, mungkin tanpa sale 1,7 juta kali yah. Memang uang bisa dicari. Waktu yang rada susah. Minimal cuti sehari.
Kamis sore kumpul di Day Trans Tebet. Jam 17:45 berangkat ke Semarang (Karang Ayu). Sampai terlalu cepat, 23:30. Padahl itu sudah istirahat 30 menit.
Nunggu sampai jam 5 pagi baru Day Trans Karang Ayu jalan ke Jepara, langsung ke Pelabuhan.
Selama nunggu ini yang paling malas. Cuma duduk di kursi atau rebahan di deretan kursi yg kosong. Lima jam lebih!
Sempat saya jalan2 ke pasar Karang Ayu jam 1 pagi. Beli nasi kucing sama semangka potong. Daripada bosen kan.
Jam 5 pas berangkat, sampai Jepara pas jam 7 pagi. Menuju warung Bu Bambang buat ketemu mas Bagdad, ambil tiket kapal cepat Express Bahari. Harga 213 ribu, ini sudah include package.
Rawon di Bu Bambang ini enak. Mantap. Harga 20ribu. Ada soto dan sop juga, ayam atau daging.
Jam 9 kapal berangkat, setengah jam sebelumnya sudah pada naik. Proses check in antri panjang. Baiknya sih dibikin banyak line check in yah, bukan cuma 2 dan lambat.



Kapalnya memang cepat, nah tapi goncangannya muantap. Kita penumpang di kanan bisa lihat air laut di sebelah kiri pas kapal miring ke kiri. Banyak yang muntah. Pas kapal baliknya malah penumpang bisa lihat percikan air sampai penuhi kaca. Cepat memang cuma 2,5 jam. Separuh waktu dsri kapal lambat, juga separuh harganya. Tapi siap2 buat yang gak tahan muntah.
Sampai pelabuhan dijemput mobil ke homestay Dream Java, sekitar 200 meter dari alun2. Wah enak banget tempatnya. Ada tempat nongkrong2 di belakang, lengkap sama ayunannya. Bersih, rapi. Kopi teh bebas.

Kamar di sini kalau gak upgrade, dapatnya di atas, tanpa AC tanpa kamar mandi dalam. Kalau kamar di bawah yg AC KM dalam 250rb per hari. Kalau kipas dan KM luar 150rb.
Jam 12 sampai penginapan. Jam 2 mulai land trip, ke Pantai Bobbi dan Pantai Sunset. Keduanya bagus, pasir putih, cantik sunset nya. Yang agak kurang itu, kenapa sih rata2 itenerary travel agent gitu semua. Jadi pas ke Pantai Bobbi, rame banget. Pas ke Sunset juga rame banget.




Yg di Sunset, ada satu kawasan yg isinya bule semua. Agak heran kok bisa. Padahal ke sana sedikit isinya lokal semua.
Sunset nya cantik banget. Sudah lama gak lihat sunset yang matahari terlihat seperti betul2 ketemu laut, bukan ketutup awan.
#
Hari kedua full main air. Dari awal ke Menjangan Kecil. Langsung basahin fin. Ohya, fin gak termasuk dalam package trip kecuali dipesan di awal. Kalau kata ABK saya, biar karangnya terjaga. Karena kalau fin dipakai yang gak biasa pakai fin, sering merusak karang ketendang2.

Makan siang di Menjangan Besar. Di sini ada penangkaran hiu. Saya gak mau ikut foto bareng hiu, kasihan hiu nya kayak dieksploitasi, dipancing pakai daging ikan segar tapi gak dikasih, cuma biar mendekat untuk foto bersama. Kasihan..
Juga bintang lautnya, kasihan diangkat2 ke darat. Nanti ada pengunjung lain lagi, diangkat ke darat lagi, berkali2..

Barbeque ikan bakar tapi gak ikut ngebakar. Hasil bakaran sudah langsung ada, tinggal ambil. Biasa aja sih, karena lapar aja jadi lahap.
Lanjut ke Cemara Kecil untuk sunset, tapi gak sampai sunset sudah menuju kapal. Pantai ke kapal agak jauh, karena pantainya landai banget, gak bisa betul2 sampai pinggir pantai. Jadi jalan dulu 5 menitan.


Sempat sewa kano. Harga asli 100ribu, saya tawar karena sudah sore jadi 50ribu. Asik juga kano-an.
Malamnya ke alun2 makan seafood. Beli udang setengah porsi, cumi setengah porsi. Lauknya itu 55ribu. Tambah nasi 7ribu kalau gak salah. Udang dan cuminya enak, segar, masaknya juga enak.
#
Hari ketiga otw balik Jakarta. Dijemput jam 8an pagi. Kapal Express Bahari jam 9 berangkat, sampai 11:30. Jam 12 dijemput Day Trans di depan Pelabuhan, menuju Karang Ayu.
Lain kali kalau ada kesempatan kayaknya enak kalau ke Karjaw naik kapal lambat, terus sewa motor saja sendiri. Info mas Alpan sewa motor 75rb per hari. Bisa main ke utara arah bandara, kan masih byk pantai lain yg gak main stream.
Juga ada opsi dive trip. Freedive sekapal sehatian bisa 5 orang kenanya 1,7juta, sudah sama makan siang.
Btw kalau mau murah dan diurusin ya Explorer ini udah murah banget sih. Heran kok bisa cuma 1,6 juta. Padahal Day Trans Jkt-Jepara aja sekitar 340rb. Kapal cepat 213rb. PP transport sudah 1,1 jt.
Sisanya 500rb buat penginapan 2 hari, makan 6x, masuk bbrp tempat wisata, kapal wisata, dokumentasi, motor 2 hari, wah murah bgt sih. Kayaknya gak ada margin sisa dah….
























