Kampung Bahasa; Sentra Kursus Bahasa Inggris Termurah di Indonesia

situasi belajar di salah satu kursusan
situasi belajar di salah satu kursusan

Tulisan komplit tentang kampung Inggris ada di majalah backpackin’ edisi 13, yang cover depannya gambar wayang. Unduh gratis di http://www.backpackinmagazine.com atau klik langsung ke sini. Di situ saya tulis sampe kontak2 HP segala.

*********************************************************************************************************

Lokasi tepatnya adalah di Desa Tulungrejo, Kecamatan Pare, Kabupaten Kediri, Jawa Timur. Saya berani katakan kalau di sini adalah pusat kursus Bahasa Inggris termurah dan terbesar di Indonesia.

Bayangkan saja, satu program intensif setiap hari selama 1 bulan dengan pertemuan selama 1,5 jam dihargai kurang dari 100 ribu. Kontras dengan EF yang bahkan mencapai 1 juta/bulan untuk pertemuan yang hanya 3 kali seminggu.

Namun, memang tempat belajar mengajarnya sederhana. Ada yang di dalam ruangan yang dibentuk dari batako tanpa semen dan cat, lalu duduk di kursi kayu. Ada juga di ruangan bersih tapi duduk lesehan. Bahkan ada yang di luar ruangan dengan memanfaatkan gazebo seadanya. Sederhana, namun saya rasa tidak mengurangi makna sedikitpun.

Kemudian saya katakan terbesar karena ada sekitar 30 lembaga kursus bahasa dengan kelebihannya masing-masing. Ada yang terkenal dengan program speakingnya (Dafodiles dan Webster), ada yang jago di grammer (Smart), ada yang punya program khusus TOEFL (Elfast), ada juga yang mempunyai ujian langsung ngobrol dengan turis asing di Bali (Harfard), dan sebagainya. Pilihan tergantung tujuan kita apa.

Ratusan, mungkin ribuan, orang yang sengaja datang ke Pare hanya untuk kursus. Asalnya ada yang dari Kalimantan, Sulawesi, Aceh, Lampung, NTB, Bandung, dsb. Anak Jakarta juga banyak. Ketiga teman sekamar saya kebetulan semuanya dari Jakarta. Beruntung bagi saya, karena jadi tidak terlalu kaget menghadapi budaya yang baru. Analisis singkat saya, sebagian besar yang kursus di Pare adalah siswa yang baru lulus SMA atau mahasiswa yang juga baru lulus. Dua orang teman sekamar saya baru lulus UNJ dan Unpad. Satu orang lagi baru lulus SMA.

Tidak sulit juga menemui Sarjana Sastra Inggris yang kursus di sini. Salah satu teman saya lulusan sastra Inggris dari salah satu kampus swasta terkemuka mengaku pelajaran grammer di sini dalam sekali, banyak yang tidak didapatnya di kampus. Saya pun mengakui, pengajar-pengajar di sini sudah sangat expert untuk grammer.

Layaknya pusat-pusat pembelajaran di tempat lain, Kampung Bahasa juga menumbuhkan berbagai aktivitas perekonomian di Pare. Banyak tempat-tempat kos yang ditawarkan. Ada dua jenis tempat kos, English Area (EA) dan bukan EA. Kalau yang bukan EA, penghuni tempat kos hanya diberi fasilitas tempat tinggal saja. Sedangkan di EA, ada tambahan program yang ditawarkan untuk memperlancar belajar Bahasa Inggris. Ada macam-macam program yang ditawarkan EA. Program dasar adalah wajib berbahasa Ingris di lingkungan kos. Oleh karenanya, kebanyakan penghuni baru langsung mengidap penyakit gagu akut. Kemudian ada beberapa program tambahan lagi, tergantung tempatnya.

Saya hanya bisa mencontohkan satu EA, yaitu Access. Saya tinggal di Access 4 selama 2 minggu. Biayanya 175 ribu/bulan. Dengan uang sejumlah itu, kita sudah diberi fasilitas akomodasi sekaligus 3 program tambahan. Pertama, pk 5.00 – 6.30 adalah latihan membaca expression kemudian menghapalnya. Ada sekitar 10 expression setiap harinya. Ini sangat penting untuk membantu percakapan sehari-hari. Kedua, pk 16.00 – 17.30 ada kelas Pronounciation dengan logat Amrik. Di sinilah kelebihan Access, pronounce-nya bagus. Lalu, program yang terakhir, pk 18.30 – 20.00, kita diajak berdiskusi, berdepat, presentasi, nonton, dsb untuk mengaplikasikan Bahasa Inggris kita.

Memang akomodasi yang diberikan sederhana. Jangan harap di Kampung Bahasa bisa mendapat kamar kos ber-AC. Mencari kamar yang satu kamar untuk satu orang saja sulit. Kamar saya di Access diisi 4 orang dengan kasur kapuk tanpa dipan dan lemari. Tapi bagi saya fasilitas tersebut cukup nyaman dan manusiawi. Bisa saya katakan, Access tempat saya tingal ini termasuk yang premium, malah bisa jadi yang paling mahal. Tapi Access sering menjadi rekomendasi banyak orang karena memang bagus. Saya pernah dengar cerita, di daerah ini ada yang menawarkan kos (bukan EA) dengan biaya sewa 35 ribu/bulan. Tapi ini jarang-jarang. Kalau saya ambil rata-rata, kos bukan EA di Pare sebesar 75 ribu/bulan.

Program di asrama (EA) sengaja di-set subuh dan sore ke atas supaya pada jam kerja penghuni bisa ikut kursus lagi di luar sesuai tujuannya.

Tempat kursus kebanyakan tidak jauh dari kosan. Sangat mungkin untuk jalan kaki. Tapi sebagian besar memilih sepeda sebagai alat transportasi. Ya, sepeda, ini yang unik. Pertama kali sampai di terminal Kediri, saya terbengong-bengong melihat pemuda usia SMA memakai baju koko, sarung, lengkap dengan pecinya, ber-ontel ria di jalan. Tapi itu sudah biasa bagi masyarakat daerah itu.

Saking “in” nya sepeda, banyak bermunculan tempat penyewaan sepeda. Harganya sekitar 40 ribu/bulan. Bermacam pilihan sepeda yang ditawarkan, tapi kebanyakan sepeda tua. Kalau berniat kursus lebih dari 3 bulan, saya sarankan untuk membeli saja, jangan menyewa. Harga sepeda-sepeda second berkisar antara 100 – 300 ribu. Setelah kursus, sepeda itu bisa dijual lagi ke bengkel sepeda.

sepeda menjadi alat transportasi utama bagi anak kursusan
sepeda menjadi alat transportasi utama bagi anak kursusan

Masalah makanan, lebih mudah lagi. Makanan di sini murah. Sepiring nasi dengan ayam lengkap dengan sayurnya dihargai 4500. Nasi dengan telur dan sayur dihargai 3000. Yang lain mungkin bisa diprediksi sendiri. Budget makan 10 ribu/hari saya rasa cukup.

Untuk hiburan, memang sulit didapatkan di Pare. Kebanyakan dari kami harus pergi dulu ke malang (perjalanan 2 jam) untuk bisa mendapatkan hiburan. Kalau tidak ada program di siang hari, mati gaya rasanya. Mau keluar, rasanya panas betul, mau belajar sudah bosan, mau tidur pun sulit karena panas. Jadi, saya sarankan untuk membawa laptop, kalau bisa yang sudah dilengkapi dengan modem. Atau, bawa apa saja yang bisa membuat terhibur.

Berikut saya coba buat rancangan budget untuk belajar Bahasa Inggris di Pare. Dari perjalanan berangkat dari Jakarta dengan keadaan tidak PD berbicara English dan payah dalam menulis sampai tiga bulan kemudian pulang dengan PD berbicara Bahasa Inggris dan yakin akan grammer yang dibuat dalam karangannya.

Perjalanan dari Jakarta bisa naik Kereta sampai Jombang (kereta Bangunkarta), bisa juga dengan Bis sampai di Kediri. Harga kereta Bangunkarta Eksekutif 180 ribu, Bangunkarta bisnis 130 ribu, ekonomi kurang dari 50 ribu. Harga bis Eksekutif Lorena 215 ribu, tapi itu saya beli di akhir tahun, ketika harga sedang naik, kalau hari biasa bisa lebih murah lagi. Dari terminal Kediri, naik bis Puspa Indah jurusan Kediri-Malang, turun di BEC (tempat kursus paling tua di Pare) atau turun di GP (Garuda Park), kemudian naik becak sampai kosan yang diinginkan. Becak dari GP maksimal 5 ribu. Tawar dulu sebelum naik.

Saran saya, di bulan pertama, santai saja dulu, lihat situasi, perluas pergaulan, cari informasi. Masuk ke EA kemudian ambil program speaking dari Daffodiles untuk membangun keberanian berbicara Bahasa Inggris. Di akhir bulan pertama, kita bisa refreshing dengan mengikuti paket wisata ke Bali seharga 200 ribu. Ada sekitar 10 tujuan wisata terkenal sudah masuk dalam paket itu. Jangan heran dengan harganya. Di pare 100 rupiah juga masih berharga.

Di bulan ke-2 dan 3, coba pindah ke tempat yang bukan EA, kemudian ikuti program Planet English dari kursusan Kresna selama 7 minggu dengan biaya 190 ribu. Dalam program ini ada 5 pertemuan setiap harinya, tersebar dari pk 5.30 sampai pk 20.30. masing-masing pertemuan lamanya 1,5 jam. Perhitungan saya, total semua itu menghabiskan 2.430.000. Namun, Anda masih bisa irit sampai kurang dari 2 juta dengan mengurangi biaya transpor dan meniadakan jalan-jalan ke Bali. Saya jamin, sekembalinya, Anda akan merasa jauh lebih baik dalam berbahasa Inggris…

Semoga bermanfaat…=)

Budgeting kursus di Pare 3 bulan dari Jakarta

Lorena Eksekutif Jkt(Rw. Mangun) – Kediri215.000

Kediri – kosan10.000

Beli sepeda100.000

Makan 3 bulan1.000.000

Pulsa 3 bulan150.000

Program speaking di Dafodiles100.000

Wisata ke Bali200.000

Program Planet English di Kresna190.000

Kos di English Area Access (1 bulan)175.000

Kos di bukan EA (2 bulan)150.000

Kosan – Jombang10.000

Kereta bisnis Bangunkarta130.000

TOTAL2.430.000

#######################################

Agustus-November 2011 saya balik lagi ke Pare dan membuat banyak tulisan tentang pare di sini, tapi Bahasa Inggris semua karena niatnya mau memperlancar nulis Inggris.

Iklan

Penulis: Iqbal

cinta dunia jurnalistik dan rekayasa genatika...

309 thoughts on “Kampung Bahasa; Sentra Kursus Bahasa Inggris Termurah di Indonesia”

  1. Wah…Wah..Ok bgt neh..Td sore gw br tau ttg kampung ingrs d pare..Hehe..Sumpah gw pgn bgt ksna, soalna b.Ingrs gw payah bgt..
    rncna c stlh lu2s kul akhr taon ini,,hm..minta info trnsportasi bwt ksna dong, trus gw msti ikut yg mana neh, kmmpuan b.ingrs gw nol besar! krm k e-mail gw y..thx a lot

  2. emang bener, aq dah buktiin blajar ma lulusan sana,mski ga ke sana langsung. kalo da kesempatan pingin banget blajar pronuonciation ma speaking di pare. do’akan ya broooooooooooo?

  3. thanks buat infonya. saya dari pematang siantar(sumut).bagus bgt programnya.di siantar blm ada tuh.Maju truz ya. nanti kami undang ke siantar. bravo

  4. waaah makasih bgd atas infonya, sebenernya saya udah tau dari temen tentang info ini tp belum lengkap. setelah membaca dari blog ini jadi tambah tertarik.. kira2 kalau perjalanan dari bandung budgetnya brp yach? makasih sebelumnya…

  5. aku mau nanya kalo cew harus pake krudung ya ? kalo brangkatnya bulan mei tgl 18 .masey ada kosan yang english area acses ga ? makasih.

  6. sya mau ksan skitar swlesai ujian semester
    Dan sekitr tgl 8 juni lah,,,kira2 msh ada kos2an g yach???
    Oh ya aku mau mnt no kmu dong,,,
    Klo bleh kirim ke email aku ya
    Cos aku bth informs dri kmu???
    Thnx

  7. @ona: cewe gak harus kerudung kok, cuma mungkin akan ngerasa beda sendiri krn di sana itu kawasan santri, jd mayoritas jilbaber…

    @shopie: wah, kalo juni hati2 penuh krn pas pelajar libur tuh rame bgt di sana…

    1. hihihi..ms entien….dy tmen ku ni di pare…hehheehh..lucu…ketemu namanya di postingan ini…..numpang ya iqbal….cm mo kasih info..g penting si buat kalian..tp entiem ma aku sama2 anak access 3 loh….btah dy dsana,,,blm plg smp skrg…heheheh

  8. Saya pernah belajar di Pare selam 8 bilan..tahun 2008
    rata rata saya menghabiskan duit 400ribu sampai 500ribu perbulan ini sudah termasuk kost.makan 3kali sehari ,biaya kursus.jalan jalan ke BaLI..GILA>…Biayanyn murah banget,selain itu saya punya banyak teman teman dari seluruh Indonesia.orangnya ramah ramah.Gurunyaikhlas ngajarnya mereka tidak mencari materi .salut buat orang orang Pare..oh ya buat yang pernah ke Pare tahun 2008 kunjungi Friendster saya di C4ndr4_10@yahoo.com..saat ini saya bekerja di Arab ini berkat Pare bisa bekerja di hotel milik raja arab..saya kangen sam Pare..suasananya desa banget..tiap akhir pekan kami jalan jalan ke Goa Surowono ato berenang,,asyik ..

  9. Wow keren ya,,,
    kalo blh ,minta numb hp km donk utk tax2 ntar,,,
    aq berencna mw k sana jg nh…
    krimin aj numbx ke message d fb q,,
    ni alamatx renata herojaejoong
    tengkyu ya,

  10. maaf , saya mau tanya nomor telpon dari salah satu lembaga disana agar saya bisa menanyakan langsung berapa biaya kursus di sana sekarang..
    terima kasih:)

  11. asyik bgt…..kpn ya bisa kesana?aku suka banget dengan kemasan isi cerita kamu,sekarang aku masih sekolah,boleh g aku minta nomor telfon kursusan sana?buat nambah informasi klo boleh kirim aja lewat e_mailq ya…makasih…..

  12. aduh saya pengen banget kesana,tapi ada batasan umur ngk ya untuk setiap tempat kursus dan materinya?,kok baru sekarang ya dapat infonya,telat banget nich saya

  13. @ ocha: bisa langsung dtg bisa daftar dulu, tergantung programnya dan tergantung aturan dari kursusan itu…

    @ zenol: maaf sy kurang tau kalo mahesa

    @ caesar: kalo mau nanya lebih detil ke sini aja atau ke email sy: iqbal_uhuiiyy@yahoo.com

    @ susi: yap, udah dikirim

    @ adi: gak ada batasan umur, cuma sebagian besar itu lulusan smp or sma…gak ada kata terlambat buat belajar di !

  14. duUch….keRen,,,,,
    klow bleh…minta no hpx dOng bwt tax2 ntR…
    cz,,rencanax q pEngen k cna…
    n bwt nambah informasi low bleh krim k emailq z………..
    n kra2 krang maci da g’ y kos yg english area access………
    trims………
    oopz,,,q tunggu no hp scepatx z….

  15. ASSALAMUALAYKUM.. sy dapat info dr teman yang pernah ke kampung bahasa, katanya tiap bulan ada pendaftarn ya, sktr tgl 10 dan 25.Apa itu benar. mohon jawabannya dkirim ke email sy langsung,Syukron katsir

  16. ada kok program 2 mingguan,,beberapa kursusan memang bikin programnya 2 mingguan, misalnya kresna, webster, etc…

    wah, kalo bahasa inggris 0 banget mah banyak yg kyk gitu, tenang aja, asal ada niat gus..! hampir semua kursusan menyediakan level bontot yg diperuntukkan bagi yg baru mulai, silakan dipilah mau belajar grammer dulu, speaking dulu, atau apa sesuai keinginan…

  17. Bisakh minta informasi lebih detl?mungkin melalui email.Rencananya bulan ini akan nekat kesana nih..Makasi bgt yah…pokoknya nais inpo banget!

  18. salam kenal. saya dari palembang. saya tertarik bgt neh kursus di kampung bahasa, kira2 ada orang yg bisa saya hubungi tidak? supaya membantu misalkan untuk booking dll. kirim ke email saya ya. terimaksaih sebelumnya

  19. Mas Iqbal, TOP Posting ! 🙂
    Aku minta dikirim juga dung info detail + contact person kalo ada.
    Kebetulan aku mhs baru lulus rencana mau upgrade english skill tp mau cari yang benar2 efektif dan hasilnya memuaskan.

    Saya masih bingung untuk periode pendaftaran, khwatir sampe sana masih belum buka lagi / udh tutup jd hrs nunggu lagi. Saya rencara pergi januari nanti brg teman, tolong bantuannya ya mas.

    Terimakasih , Jazakallah

  20. thx Ibnu…
    postingan ini juga udah cukup detail kok, emang mau info apa lagi?
    di pare selalu buka program tanggal 10 dan 25, gak perlu takut ketinggalan program…

    1. aslamualaikum….saya amier, rencana 2 bulan lagi maw brngkat ksn ingin belajar memperdalam bhsa inggris…mungkin dari basic sampe insyallah mahir, saya mohon bantuan teman2 untuk segala informasi penunjang kehidupan saya disana…baik tempat kost’n, tempat kursus dan program2 yang ditawarkan, atau apapun minimal saya… sudah ada bayangan tentang berapa biaya yang harus dikeluarkan dan tempatnya dimna…
      untuk informasi dan bantuannya sya sangat berterimaksih, dan sukur2 bsa jadi teman saat saya disana….

      tolong info dikirim via email: amier_krenzs@yahoo.com atow fb: amier abadi…

      atas bntuannya teimaksih bnyak y

  21. Tentang waktu kursus bagaimana kalau waktu kita terbatas, maksudnya ingin mengisi liburan semester dengan ikut kursus. Liburnya 3 minggu mulai tanggal 16 Januari 2010

  22. wah, bisa itu, ikut program yg 2 mingguan aja, jangankan 3 minggu, dulu sy pas cuma 2 minggu, tp gak bs maksimal, cuma bs bikin iklim “pengen” belajar lebih dalam aja…

  23. aku berminat bgt buat les di Pare…

    mau tannya tentang pendaftarannya gmn???
    setiap bulan atw tanggal brp aj pembukaan pendaftarannya???

    1. susan yg baik, pendaftaran ada setiap bulan, tanggal 10 dan 25, itu untuk program 2 mingguan, kalau program bulanan biasanya tanggal 10, kalau program panjang seperti english planet punya kresna itu 3 bulan sekali, tepatnya bulan apa dan tanggal berapa, maaf, sy kurang tahu…

  24. tanggal 17 desember- 3 januari saya berencana untuk ke kempung pare. saya cuma punya waktu 2 minggu. dengan waktu yang sangat singkat ini saya berencana akan mengambil privat class terutama untuk program grammer dan TOEFL. Untuk tempat tinggal setelah membaca tulisan di atas saya berencana untuk tinggal di English area.

    Kira-kira lembaga mana saja ya, yang mengadakan private class? Boleh minta no Contacnya dan no contac asrama atu kosan yang bisa saya kunjungi.

    Informasinya sangat saya nantikan. saya tidak punya kenalan di sana, dari bogor rencana berangkat sendiri. terima kasih

  25. @rifki: sudah sy kirim, smoga bermanfaat,,,=)

    @yeli: wah, waktunya agak sulit karena kelas selalu dimulai tgl 10 dan tgl 25. Kalau mulai 17 desember brati tengah2 tuh… btw, nomor sdh sy kirim via email, smg bermanfat =)

  26. mauuu bgt .
    berangkat ahh .
    mas bole di sarankan ikut bimbingan yg mana buat pemula, eA-nya jg apa. untuk memaksimalkan waktu 3bln. karna kepepet mau lanjut kul n ker segera.
    kl bisa bulan2 apa yg tidak terlalu ramai karna liburan?
    email ke boencha22_ioiok@yahoo.com yah.

  27. Saya tertarik sekali dengan program ini. Rencananya saya mau kirim anak saya.
    Tapi saya ada beberapa pertanyaan:
    1. Apakah ada program untuk anak yang 14 tahun umurnya?
    2. Bagaimana cara daftarnya, ada nomer yang dapat dihubungi?
    3. Apakah saya harus ikut full program 2 minggu atau boleh beberapa hari saja.
    4. Apakah nanti disana akan dicarikan tempat tinggal atau saya harus cari sendiri.
    Mohon jawaban secepatnya. Terima kasih atas perhatinannya.
    Salam, Tia

  28. assalamu’alaikum
    mas saya minta no. telp/ hp yang bisa dihubungi dan alamat lengkap dari kursus bahasa inggrisnya. minggu ini saya mau liburan ke jatim dan sekalian mau survey dulu. makasih sebelumnya.email saya sembilanbelasmaret@live.com
    facebook ada ga mas?
    wassalamu’alaikum

  29. @octa: barusan udah sy kirim ke email octa, smg bermanfaat…=)

    @tia: ibu tia yg baik, sy coba jawab pertanyaan ibu:
    1. ada. banyak sekali lulusan smp yg kursus di sini
    2. cara daftarnya ibu langsung ke tempat kursusannya, atau bisa didaftarkan oleh orang lain, tapi tetap harus ke tempat kursusannya (setau saya). mungkin nomor kawan saya yg saya kirim ke email ibu bs membantu…=)
    3. program paling pendek ditempuh dalam 2 minggu. tidak ada yg kurang dari itu. kalau ibu cuma beberapa hari saja, ibu gak bisa maksimal menyerap ilmunya.
    4. harus cari sendiri. tapi jangan takut, karena banyak sekali tempat kos. penduduk sana juga ramah.

    @srisumanti & gidjz: sudah sy kirim ke email, semoga bermanfaat…=)

  30. Luarrrrr…biasa….

    Saya dari luar Pulau Jawa, rencana saya mau ikut gabung bulan Januari 2010 depan. Mohon tunjukan (kasih tahu) rute ke tempat kursus dari pelabuhan. Mohon jg dikirim alamat lengkap dan no. tlp yg bisa saya hubungi.

    Makasih.

  31. maaf kurang tau kalau dari pelabuhan, tapi cari aja yg tujuannya Kediri…
    Alamatnya Desa Tulung Rejo, Kecamatan Pare, Kabupaten Kediri… semua orang Kediri insya Allah tau yang namanya kampung Bahasa…
    nomor sudah saya kirim

    1. aku punya….
      1. Smart : Jl. Flamboyan no. 182A (pondok Mogol) Tulungrejo-Pare kediri-jatim
      tlp. 0354-391505, HP 08155630924/081336362524.
      2. Access : Jl. Dahlia 26 Tulungrejo Pare. Tlp. 0354-399925/085932200150
      3. BEC : Jl. Anyelir No. 08 Rt.02 Rw.XII, Singgahan-Pelem POBOX 146 Tlp. 0354-392987
      sementara cm itu yang masih aku simpen brosurnya di rumah..dan sekarang 2 adikku jg dsana…liburan sambil blajar…

  32. Assalammu’alaikum ww..
    Salam kenal,
    Saya tertarik sekali untuk kePare, saya minta dikirimkan informasi tentang tempat kursus bagi pemula serta alamat lengkap dan siapa yang bisa saya hubungi no hp/telp mengingat saya sendirian kesana dari jakarta.
    trims ya..

  33. iqbal kp k pare??? na bulan mei-september…salam knal yak,,,iya ana bulan trakhir di access jg loh,,access 3,,,brarti kita satu member ya….

  34. Dear mas iqbql…
    Assalamualaikum…saya tertarik sekali dan berencana untuk kepare mengikuti kursus disana secara intensif
    Bisa kah saya mendapatkan info lengkapnya
    Bisa saya tahu no.hp mas iqbal..mohon di balas ke email saya :rusna_meswari@yahoo.com

  35. dari stasiun kediri naik bis puspa indah ke arah malang, tapi sepertinya bis itu gak ada di depan stasiun kediri, jadi harus jalan dulu atau naik becak…
    kalau naik pesawat kurang tau…=(

  36. ass. bisa minta no kontak yg sekirany bisa nyariiin kosan yang EA gak??
    cz rencananya ku mu ke pare akhir bulan ini, maslhnya aku sndirian dari tegal,.
    bgusnya naik kereta turun di jombang apa dikediri?

    1. halo zaza…
      aku agy di aceh.boleh nanya gak?di kampung inggris gmn sih kesannya?dan kamu dah berapa lama dsn?rencananya aku mau kesana?oya met kenalan ja tolong kirimi no hp kamu ya?ni no aku 081377265322.tolong ya…
      makasih…

  37. mau tanya dong, dipare itu kursus 1 bulan (grammar, toefl, speaking, pronoun) dimana yaa ?
    bisa kasih rekomendasi tempat beserta harga2 nya gak ?
    soalnya limited juga nih info ttg english course @pare , thanks 🙂

  38. slm kenal dari anak pamulang..
    mas ok bgt nih info ttg kampung bhs’y,ngomong2 klo utk biaya trnsportsi’ya dri jkt klo naek kereta ambl jursn ap yah…
    ty…

  39. assalamu alaikum wr.wb
    Mo nanya, z sebenarnya msh bingung gmn caranya regestrasi untuk bisa kursus di perkampungan bahasa???

    balas

  40. Dear You,

    Mau donk info les nya di pare. Cara pendaftaran hrs dateng langsng ya?tp sudah pasti dapet kelas?karena takutnya udah jauh2 kesana penuh. Jadi hrs bola balik lg.hee.

    Minta contact person yang bs di hub ya? tks

  41. assalamu alaikum wr.wb

    Rencana saya mau kursus b inggris, ada ngak yang mulai dari dasar, soalnya belum bisa ngomong inggris. Rencana sy mau kursus, minta contact person yg bisa di hubungi soalnya saya dari makassar tp mau ke jogya dulu. iqbal_reza@ymail.com

  42. ada yang program 1 bulan aja kan ?
    soalnya aku pengen liburan yang lama banget ini bisa aku manfaatkan dengan baik.

  43. Ada sodara ni mw kursus ksna, btuh info ttg lembaga krsus yg jd priortas bt pr pemula..
    mulai dr speaking, reading, grmmer dll..
    rekomendasiin t4nya dong..
    kos2an di Pare gmn??
    thanks..

  44. punten mas iqbal hehe
    ini ky les biasa ya jdi 1 bln aja blh pindah? ooh ok
    hmm….apa hrus booking ke tmpat kursusnya dulu? bisa minta no tlp/web disana yg bisa dihubungi?
    kalo nyari kosan-nya mendadak pas udah disana kira2 bsa ga?
    makasih bgt y infonya 🙂

    1. halo nindy =)
      iya, 1 bulan pindah bisa…
      sebagian besar kursusan mengharuskan booking ke tempatnya lgsg, tp bisa diwakilkan, yg ptg ada yg ke sana, kalo kamu mau serius ke sana, sy bs kasih cp temen sy yg bs bantu di sana… kalo gak booking, harapannya cuma tinggal ke kursusan yg msh pny sisa tempat dan mau “diselipin di tengh jalan”…
      nyari kosan bisa mendadak, tp konsekuensinya pilihan jd sedikit…
      sy udah kirim nmor hp sy ke email mu, kalo website, setau sy blm ada yg bs merepresentasikan kampung bahasa

  45. ass. wah bal gw mampir lagi ke blog lu.
    nga nyangka dulu gw sempat nanya-nanya tentang kampung inggris di blog lu ini…makasih infonya ..gw desember 2009 kemaren jadi kesana…
    ternyata dunia selebar daun kelor ya..akhirnya kita ketemu di ciremai..

  46. Salam kenal Mas Iqbal.Saya pingin banget ke sana, tapi karena masih mahasiswa jadi saya bisanya waktu liburan doang. untuk kursus yang satu bulan cuma bisa daftar di tanggal 25? Bisa gak saya dapat info tentang kost EA n tempat2 kursus yang masih bisa di isi? terima kasih. O Ya, saya juga sudah kirim email ( alamatnya nemu di atas)

    1. emailnya sudah sy balas…
      bisa aja daftar tgl 25, tinggal dicari kursusan yg buka tgl segitu, tp sy gak bs kasih info kursusan atau EA mana yg masih kosong atau udah penuh…
      saran sy, datang ke sana sblm tgl 25 spy bs cari info dulu

  47. tolong dunk kasih alamat lengkap n nmr tlp nya..
    trus dbuka pndftaranx itu tgl brpa?//
    kirim lwt email dunk./. plis
    thanks a lot

  48. Salam kenal Maz iqbal.Mas kampung pare dibln puasa gmn ya?
    Rencana ny bln puasa ini sy mau k kesana.
    Aktif bljr lg ny berapa minggu setelah lbrn mas?
    Soalny q ambil cuti kerja.
    klo bole minta nmr tlp ny ya mas.
    thank u very much

  49. ass..slam knal mas,,mas insyAllah prtnghan bulan july ini sy mo ksna….ngambil yang taggal 25 nya…
    klo kursusnya di GENTA gmn mas???dsna apanya yang diutamakan grammarnya atw speakingnya…

  50. aslmkm..saya tyara dari jakarta.sekarang 18 juli 2010 ini udh mulai libur,saya pengen khursus di access selama 3 mingguan gtu ada ga yaa?trus tinggalnya pengen juga yg di EA.boleh minta detail nya ga saya harus daftar kmn, trus apa aja yg harus saya lakuin sampai saya bisa mulai khursus disana.serem ga sih klo sendiri kesanaa???mohon infonya yaa,makasih banyak .
    bales nya bisa ke email saya arazone.jullio@yahoo.com. minta no tlp juga. 😀

  51. Mas aq nmpang tanya,,
    klo bwt cwe ada kos”anx jga kan ?
    truz kta kursus dsana brapa blan biar mpe bsa.
    mksih,,
    tlong dblz ke:Ara_edho@yahoo.com

  52. bang iqbal yang semoga selalu dirahmatiNya..
    saya mengalami kesulitan dalam mencari tempat kursus di Pare pada bulan agustus..
    karena libur saya baru agustus ini..
    boleh minta alamat serta no.contact Access? klo punya sekalian programnya dan alamat website-nya..dikirim saja ke email saya : icH4_kindgirl@yahoo.co.id
    tolong ya..
    terima kasih.. ^^

  53. hai iqbal.. terimakasih yah uda buat bloq ini, g juga dengar dari teman itu ok banget.. tapi saya ada beberapa pertanyaan ni, boleh ya langsung aja, heheh

    1. klu saya cuma mau 1bulan aja, kira2 efektif ga? knp pada ambilnya 3bln yah?jujur aja saya ga bisa pegi lama gitu..

    2. minta contact person plss.. thx

    masi bnyk si, tapi ini dulu aja d, hahaha

  54. mas muph mw tanya nie q uda d pare klo t4 kursus dec,gmn ea mas?mhon refrensi na. .nie lg bngung lburan na meped,ngmbil yg 1bln mpe tgl 2 meped kul
    klo dec gmn ea mas bwt kwalitas na?
    thanks b4

  55. sorry, mo tanya. kira-kira buat kita yang punya target menguasai bahasa inggris ‘komplet’ untuk persiapan sekolah diluar ambil program apa dan dimana ya yang cocok di sana? thanks.

  56. assalamualaikum mas iqbal
    mau nanya,, biaya kursus dan kosnya bisa berubah ga ya di tiap tahunnya ??
    ku juga minta nomor mas iqbal dan temannya mas iqbal yg ada bisa bantu buat booking yahh
    tolong kirim aja ke dou_ven@yahoo.com
    terima kasih banyak

  57. Mas Rencana sy kepare minggu ini… Tapi bingung dengan biaya hidup sekarang disana… boleh kirim ke Email sy ngga biayanya… rencanannya sih sebulan… Thanks…

  58. waw,, keren,, sya rencana libur smster ganjil skitar februari, insyaAllah. minta link buat kursus n kost disana ada gk ya?? biar saya tau kapan mulai kursusnya,,
    thx 😀

  59. assalamualaikum. . .saya nindy. rencananya bulan oktober saya mau k pare. saya mau kursus di mahesa. kalo ada yang pny info ttg mahesa tol0ng kasih tw d email saya atau smz d 085647691012

  60. alaikum…, selain b. inggris, apa ada b. arab jg?saya juga trtarik dgn bhsa Arab, dan pengen bisa brbhasa Arab,dmn kira2 saya bs mndapatkn info ttg kursus utk b.Arab?syukran

  61. wah..tertarik banget..pngen dh libur smster ini k pare..biar gag nagnggur..
    tapii..dnger” ada gelombangnya yaa??
    gmna tuh mksudnyaa??
    cara dftarnya gmna yaa??

  62. Assalamualaikum…
    saya mau nanya, belajarnya paling cepat berapa lama yah??
    aku lihat ada yang 2 minggu, trus perincian iaya yang mesti di siapin berapa yah??
    ada no hape/telpon yang bisa saya hubungi gak??

  63. mas…aku mbhok dikasih info mana yang bagus dan alamat serta no telp yang bs dihubungin t4 kursusnya…mohon bantuanya mas….
    Tp mas aku tuh kaku bgt e lidahnya,,,,kira2 bs gak ya mas??

  64. w jga pengn bgt ksna moga jja jdii,,,,bis bru dgr crtanya jja dagh trgda wat liat tmpatna,,,
    pa lgii pas dgr abang tukang cimol jja ngmong’a pke bhsa inggrs kan kren bgt,,,
    duh,,,jdii gg sbar ni pen ksna,,,,tnggl nunggu lulus jja ni mah,,,

    1. aq mo nanya,,?//
      klo di sna da tmpat kos’a gg yang dkt ma tmpat kursus’a tpi kosan’a yang buat anak cwe ajj ada gg???
      klo gg asrma deh,,?//
      oh,,,di sna tuh bkan bhasa ingris doang ya,,???
      byasanya di stu klo tes’a gmna,,?/
      trus bljr’a brpa klii semnggu,,?//
      mng’a iya d sna abang cireng jja pke bhsa hbat donk,,,,
      doain yah mga sya bsa k sna dan bljr d sna pngn bgt nie,,,
      maap yah ke panjangan,,,,thankz,,,

  65. i’ve been there for 13 months,,
    it’s perfectly nice,,thanks for pare B.E.C,harvard,kresna.
    my greatest fucking greeting to pratama house. . . .
    thanks so much for you all
    what a fucking great moment in my life . . .
    see ya

  66. askum,saya dari Jambi kabupaten merangin,,saya tamatan D3 bahasa inggris pendidikan tapi saya sangat tidak PD dengan bahasa inggris saya coz saya merasa bahasa inggris saya sama sekali belum bagus.saya ingin sekali ke kampung pare untuk ikut belajar.tolong kirimkan ke email saya denah lokasinya dan fropil keadaan tentang kampung pare…mungkin lain waktu saya bisa bergabung

    reply to my email.

  67. Selamat malam pak iqbal…salam kenal afis di bekasi, sungguh menarik baca blog ya kampung inggris. alhamdulillah dulu ketika msh kuliah saya pernah kesana (ambil program holiday di mahesa–gak kelar krn waktu) saya cukup menyesal karena tidak punya rencana matang u serius belajar, krn harus kembali kuliah. Saat ini saya ada rencana kembali kesana…ternyata perkembanganya cukup pesat ya…saya ingin info yg bs membantu saya bs kembali kesana, saya mao fokus di bec sekalian menunjang saya untuk ambil persiapan toefl, mungkin pak iqbal bs bantu share informasi toefl yg cukup baik & biaya+waktu yg dibutuhkan. tentunya referensi kawan anda yg msh disana sangat bs membantu jg. bagaimana kalo dengan membawa istri, apakah ada kosan suami istri disana? saya ada rencana 6 bln dsana, gmana kira2 pak iqbal saran ya? sebelumnya ucapan terimakasih yg sebesar2ya atas bantuannya. salam

    1. salam kenal pak Afis…
      di sana banyak kosan dengan macam-macam pilihan, insya Allah ada kosan yang boleh buat bawa istri…orang sana ramah, jadi asik untuk ditanya2, juga tentang kursusan, saya kurang mengikuti perkembangan, maaf

  68. saya mau tanya, gimana cara pendaftarannya? apa kita langsung ke pare? atau bisa daftar secara online?
    terus, apakah ada program dua mingguan untuk kursus bahasa inggris?

  69. wow keren…….saya mau kesana mas waktu dekat ini,tapi saya binggung………lo udah sampai sana terus gimana????????cara daftarnya gimana,terus kemana??

  70. mas, saya dari sumatra. kalo seandainya sy brangkat langsung ke surabaya naik pesawat. itu ada gak yang bsa bantuin saya bagaimana, bsa sampai di pare? oya, saya minta no. hp nya donk, biar bsa saya hubungi langsung.. mau tanya2. tq

  71. hai iqbal salam kenal.
    hmm thank’s banget nich tas infonya…
    saya pengen bget kesana…!
    oiya bdw bulan puasa masih dibuka ga pendaftarannya dan tolong dong kasih info temennya yg masih disana siapa aja?
    pLease email infonya ke moehied@yahoo.com

    thank’s banget.

  72. waw….. keren keren….. mau deh kapan2 blajar disana….. lagi nunggu waktu senggang nihh…. tertarik banget neh aq…. selain english bhasa lainnya juga ada kan???

  73. terimakasih infonya, lumayan lengkap. saya tau kampung bahasa dari teman, katanya ada t4 kursus murah di Jawa Timur, saya sangat tertarik dan langsung cari info di internet….bisa berbagi info terbaru tentang kampung bahasa? terimakasih banyak bantuannya…

  74. Thanx infonya Mas Iqbal..
    Utk program conversation 2 minggu yg recomended dmn ya Mas?
    Skalian minta CP utk booking donk..?
    Thanx..

  75. saya juga berminat say dari kalimantan tengah tepat.y sampit kira2 brp biaya total bial saya mau ambil kursus 3 bln??????dan tlng krmkn no hp anda atau tmn anda yg tau bnyk ttg pare trm ksh

    1. teman-teman kalo mau kepare bisa mengubungi 081365011150. dan perlu diinformasikan bahwa pare sekarang sudah punya FKB ( Forum kampung bahasa ) yang diresmikan oleh Mr Kalend ( Pendiri kampung bahasa ). kantor FKB di jalan Cokroaminoto no : 56 pare kediri. semoga pare lebih maju lagi dan bisa memberikan manfaat bagi teman – teman yang belajar dipare.amin

  76. Apakah ada program Untuk liburan anak sekolah (SD) selama 2 minggu, atau SMP/SMA… (26 Des 2011 – 7 Jan 2012). Mohon info nya segera ke email saya. Terimakasih.

  77. Minta infonya dong mas iqbal, kalo saya mau ambil kursus 3 bulan untuk memperdalam speaking, grammer, reading and listening, yang recomended dimana aja ya?

    -makasih-

  78. saya anak pare,,,deket cd surowono,,,hm,,,,,,gak nyangka pare banyak yg mbicarakan,,,, hehe,,,,q blm kursus di pare sma skali,,,,males sih dulu,,,,dan skrg q ambil sastra inggris di malang,,tapi,,krena 0 bangeet,,kayaknya q hrus cuti untuk kursus d pare thun dpan,,,yah,,,buat nopang inggrisku,,,, sayang,,gk kumanfaatin dri dulu,,,,gak kpikir sih klo msuk sastra inggris,,,,,,hbis dulu skulku di kediri,,males kursus,,udah kburu malem klo sampek di pare…..yah,,btw makasih infonya,,jdi mlu,,,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s