Hati hati dengan Crowde

Saya ingin berinvestasi dengan banyak ragam. Jadi saya taruh dana saya di beberapa tempat. Biasanya di awal investasi saya taruh dana kecil dulu, kalau memang lancar baru ditambah. Nah di Maret 2018, saya coba aplikasi yang namanya Crowde. Di situ bisa terlihat mana saja proyek yang akan berjalan dan berapa dana investasi yang diperlukan.

Screenshot_2018-11-07-16-30-58-61Maka pada 28 Maret 2018 saya investasikan dana saya sebesar Rp479.400. Itu adalah kekurangan yang diperlukan agar proyek bisa berjalan. Judulnya #703 Usaha Perdagangan Kentang.

Pada awalnya, direncanakan proyek akan berjalan pada 29 Maret 2018 – 7 Juni 2018. Ekspektasi profit adalah 3,50%, yaitu sebesar Rp16.779. Namanya juga coba-coba, kecil tidak apa-apa.

Crowde tidak memberikan kabar sampai batas proyek berakhir (7 Juni 2018). Maka saya WA ke nomor Crowde pada 22 Juni 2018. Dibalas Crowde pada 25 Juni 2018, katanya proyek tsb mengalami keterlambatan, dan akan di-follow up dalam 1-5 hari kerja.

Screenshot_2018-11-07-16-30-51-30

Tanggal 29 Juni 2018, Crowde menginfokan lagi bahwa usaha perdagangan kentang oleh petani Probolinggo harus mundur selesainya sampai 7 Juli 2018. Saya menerima info tersebut, lalu berterima kasih kepada admin.

Lagi-lagi, Crowde tidak memberikan kabar sampai batas proyek yang sudah dimundurkan itu (7 Juli 2018), maka tanggal 10 Juli 2018 saya menanyakan kembali tentang proyek ini. Crowde membalas pada 11 Juli 2018, katanya belum ada respon dari petani terkait, katanya akan segera di-follow up jika sudah ada info terupdate.

Sampai lebih dari dua minggu tidak ada update, maka saya menanyakan lagi pada 28 Juli 2018, apa sudah ada info? Crowde membalas tanggal 30 Juli 2018, dengan kata-kata yang sopan dan meminta maaf. Katanya, uang dipastikan tidak hilang oleh orang-orang yang tidak bertanggung-jawab.

Lalu saya balas, apa tidak ada batas waktu pengembalian? Crowde menjawab, masih didiskusikan dengan pihak peternak. Dalam hati saya, kok jadi peternak? Bukannya ini urusan kentang? Tapi ya sudah, mungkin admin salah ketik. Saya jawab, ditunggu hasil diskusinya.

Tanggal 3 September 2018, saya tanyakan kembali, apa uangnya bsa dikembalikan?

Crowde menjawab, proyek perdagangan kentang sedang mengalami masalah hama, mereka minta waktu sampai Oktober. “Ketika sudah, tentu uang investasi akan kembali.”

Saya tegaskan: betul nih sampai oktober ya

Dijawab Crowde: iya bapak

Sampai akhir Oktober tidak ada pemberitahuan apa-apa. Lalu saya email (karena sebelumnya dapat info bahwa WA tidak digunakan lagi, semua komunikasi lewat email tanyakami@crowde.co) pada 5 November 2018. Saya menanyakan tentang pengembalian permodalan.

Crowde menjawab tapi tidak menjawab poin yang saya tanyakan, kapan dana dikembalikan?

Nah, karena sudah bosan dengan pemunduran-pemunduran dari Crowde, jadi saya share saja cerita ini agar jadi pembelajaran bagi yang lain. Saran saya sih, hati-hati investasi di Crowde.

######

Tambahan tulisan ini ditulis pada 2 Agustus 2019.

Bahwa sampai Maret 2019, saya belum mendapatkan pengembalian dana dari Crowde. Saya lupa tepatnya kapan, tapi rasanya antara April-Juli 2019, saya dikabari bahwa dana sudah dikembalikan. Lalu saya coba tarik dana lewat apps, belum bisa karena lupa password. Baru saya coba lagi pada 26 Juli 2019. Alhamdulillah bisa ingat password. Langsung saya withdraw seluruh dana saya.

Tidak lama kemudian, saya mendapat email ini:

crowde

Lalu besoknya, 27 Juli 2019, saya mendapat bukti transfer yang sudah saya cek betul dana sudah masuk:

crowdeee

Terima kasih Crowde atas niat baiknya. Tapi mohon maaf, saya tetap tidak merekomendasikan Crowde.

Penulis: Iqbal

cinta dunia jurnalistik dan rekayasa genatika...

54 tanggapan untuk “Hati hati dengan Crowde”

  1. Terus masalahnya apa ya bro?Jawaban admin atau uang ?
    Poin nya tidak jelas.

    Kalo mau aman, taro aja di bank atau dibawah bantal, gausah investasi…

    1. Mba Diana dari Crowde ya? hehee…
      Poinnya sudah dijelaskan di judul dan kesimpulan akhir: Hati2 dengan Crowde…
      Kalau mau investasi, mungkin tempat lain lebih tidak berisiko

    2. betul, jangan investasi di crowde , dah lama ngambil keuntungan nya, dah gt kecil lagi..
      punya saya dari september 2018 sampe sekarang Mei 2019, uang yg saya investasikan ga bisa saya ambil.

      1. mohon maaf baru update. meetingnya tidak menyenangkan mas, mereka buat pembelaan katanya hanya punya 2 staf customer service sehingga banyak pertanyaan customer tidak sempat terbalas. Alasan yang kekanak-kanakan menurut saya. Perihal proyek gagal , mereka beralasan bahwa banyak faktor diluar kendali mereka seperti hama, cuaca, dll. Untuk proyek gagal mereka akan meminta partner untuk melakukan proyek lainnya untuk menutupi kerugian. Tapi logikanya, proyek baru tersebut belum tentu berhasil juga kan? Dan modalnya darimana juga? Saya pun bingung. Saya sudah menyerah dengan Crowde. Banyak alternatif yang lebih bagus. Lebih baik tinggalkan Crowde saja.

        Oh iya, saya jauh jauh ketemu dengan rep nya Crowde, hanya mendapat ucapan ‘terima kasih atas waktunya’. Tidak ditraktir minum, tidak ditawarin voucher investasi juga, dan setelah itu langsung putus hubungan. Sungguh perilaku yang ngenes menurut saya, kelihatan sekali dia hanya menjalankan tugasnya tanpa punya rasa peduli terhadap perusahaan yang ia representasikan.

  2. Saya juga pengguna crowde sudah hmpir 2 tahun dan alhamdulilah lancar,,tidaak semua proyek seperti itu,
    Saran saya klo mau berinvest jgn menaruh hanya pada satu produk saja,tapi dana nya harus di sebar,knp?jika mengalami kerugian tdk akan seperti ini kejadiannya,saya sangat memahami bgt yg nama nya dunia investasi,klo ada yg mau bertanya bisa whatsapp saya 0816994434

    1. betul, saya pun invest gak hny di crowde, tapi kalau baru sekali invest di crowde dan kena beginian, ya lbh baik gak usah ke crowde lg… coba yg lain, misal igrow

  3. Hai.
    Ternyata banyak kawan senasib ya, salam.

    Saya punya segudang pengalaman dgn crowde ini. Dulu saya pikir wah bantu petani? Semangat bgt sy, maklum kakek moyang petani .

    Long story short , saya rajin top up invest di crowde tiap bulan. Ajak ajak pacar, sodara, temen, cem spg. Tapi ya itu honeymoon phasenya lama lama kelar.

    Lama lama rugi , dan saya masih paham karena namanya investasi ada profil resiko. No worries. Lama lama delay bayar, katanya faktor cuaca , okelah. Lama lama gak ada laporan keterlambatan, oke yang penting saya udh email dan ngingetin kalo laporan itu tanggung jwb mrk dan hak investor. Lama lama gak ada kabar, diemail malah galakan dia. Hahaha gimana tho? Katanya team lg sibuk tp bs nambah proyek baru terus? Proyek lamanya gak ada kabar..

    Saya masih ada 4 proyek, dan ada yang dari Juli 2018 harusnya sudah selesai. Bentar lagi anniv nih haha.

    Saya sadar betul crowde fintech startup. Oleh krn itu sy cb kasih masukan membangun. Saya masih ingat sy email mrk , balasannya kayak anak smp belajar email. Tanpa signature, bahasa gak baku sekenanya. Saya ingatkan dan cb bantu. Niat saya baik. Makin lama makin lama kok saya ngerasa bodoh aja, galakan sana.

    Tunangan saya yg juga eks investor dan profesinga sbg lawyer akhirnya kesal jg. Dia komen diiklan fb crowde , dan dhub lah sama salah satu marketingnya. Diajak ketemu ngobrol. Janjinya mau bantu dan ingatkan soal laporan. Bah, janji tinggal janji. Ini sudah mau maret 2019. BS.

    Kemarin saya email lah kan ya nanya nasib proyek saya. Bahkan saya udh hopeless uang saya kembali, saya cuma nuntut LAPORAN KEJELASAN proyek2 tsb gmn. Dsuruh screenshoot atau kasih tau proyek apa aja. Dan kalau kalian nasibnua sama spt saya, kalian pasti tau dong kalo webnya udh bbrp minggu gabisa diakses…. hadeh.

    Not recommended bgt buat saya.
    Saya harap uang saya bs kembali atau at least mereka ngakuin saja kalau gagal bayar atau apa kek.

  4. Sekarang uang saya di crowde ada 10 juta yg terbagi ke beberapa proyek. Dan ada 1 proyek yg sudah hampir 2 bulan belum dikembalikan dananya. Dan 2 proyek lagi menuju 1 bulan dr rencana awal yg dituliskan oleh pihak crowde.

    Update info dong mas Iqbal, apakah sampai saat ini masih blm dikembalikan? Karena info dr admin Crowde ada batasan waktu telat pengembalian yaitu 2-3 bulan.

    1. Saya masih ada 11 proyek, sudah telat rata2 6 bulan, ada yg 9 bulan. Ada 1 proyek, bulan lalu selesai, masuk ke saldo saya. Tapi di sistem saldo saya tertulis minus, jadi tidak bisa ditarik.
      Sudah lapor,,katany sedang dicek. Tapi g beres2.

  5. Saya juga sepengalaman juga mengalami kekecewaan dengan Crowde, saya malah memasukan kekecewaan saya di kaskus ( https://www.kaskus.co.id/post/5c7c1c55349d0f033d569f97/?ref=notification&med=header#5c7c1c55349d0f033d569f97 )

    tapi puji syukur sih bulan Februari 2019 , dana saya cair, dan itu untuk pertama dan terakhir saya invest di crowde

    proyek yang saya invest itu mulai 8 May 2018 – 26 Agustus 2018 , tapi alhasil dana saya dikembalikan tanpa keuntungan yang di dapat ( RUGI WAKTU ) Februari 2019

  6. Dear All, saya salah satu investor untuk crowde, pengalaman saya waktu pertama kali, lumayan lancar (apa di lancar2kan?) , bahkan saya sampai menambah terus kuota dana saya di crowde, nah, per awal 2019, mulai macet (telat bayar, rugi), sampai akhirnya sekarang stuck total, 1 proyek sudah lewat 3 bulan lebih masih belum ada kejelasan, saya email, jawaban CS nya terkesan template dan intinya cuma menyuruh investor sabar, cek2 di web, sampailah disini, ternyata banyak yang senasib *facepalm,

    apakah bisa dibuat forumnya/ grup di WA supaya para investor bisa bersama-sama ambil tindakan?
    WA saya 082161534357

    Thanks

  7. saya juga invest di crowde, beberapa proye berhasil dan keuntungan didapat, tapi tahun 2019 ini parah banget, ga ada satupun proyek yang sudah selesai dikembalikan modalnya, alasanya karena gagal panen. padahal laporan terakhir yang diupload menunjukan bahwa panen berhasil dan tidak terkendala, dan juga di profile petani, projek tersebut berhasil. saya cukup kesal mengingat jumlah yang di investasi sekitar >20 juta. Kesimpulan: laporan Crowde mengenai suatu projek tidak tepat, dan tidak ada sistem pemantauan untuk proyek yang gagal bayar, padahal petani tersebut telah banyak berhasil melakukan suatu proyek dengan crowde(sepertinya info keterangan proyek berhasil tidak valid)

  8. 2 dari 3 proyek investasi saya di Crowde ga ada kejelasan walau sudah lewat jatuh tempo proyek. 1 lagi jatuh tempo dalam waktu dekat, tapi kayanya bakal bernasib sama ini. Total 10jt nyangkut.
    Dan menurut saya TIDAK ADA itikad baik dari pihak Crowde, bahakn sekedar update progress dari proyek aja ga ada.

  9. Mas Iqbal sekarang kabarnya bagaimana apa sudah ada perkembangan?

    saya juga invest di Crowde dan punya sekitar 4 proyek pendanaan yang semuanya telat lebih dari 100 hr (3 bln).
    dan setiap bulan saya coba contact customer service nya tetapi selalu dapat response yang sama.

  10. Wah ternyata banyak yang senasib yaa, 2 proyek saya juga sudah lewat 3 bulan dr waktu selesai blm ada kejelasan. Tiap minggu nge-cek barangkali ada perkembangan tp sepertinya akan sulit kembali yaa , saatnya mengikhlaskan 😦

  11. Proyek sapi freshfarm udah molor lebih dari 6 bulan. Moga moga lebaran kurban kali ini bisa laku sapi sapi nya..

    Kalau molor ada info enak.

    Ini molor, mesti ditanya dulu lagi.

    OJK ngapain aja ini. Mending ditutup aja dah perusahaan yang servisnya buruk.

  12. Saya malah baru coba crowde, tapi sepertinya pembayaran nyangkut. Saya bayar pakai go-pay sudah kepotong dan sudah ada email bahwa transaksi berhasil dari crowde. Tapi kalau lihat di web, di profle saya belum melakukan transaksi apa-apa malahan dibilang jadwal pembayaran saya sudah kadaluarsa. Dan sekarang coba kontak ke crowde gak ada respon sama sekali 😦

  13. 4 proyek saya setelah 1 tahun baru dikembalikan dan masing2 hanya 90%. Bisa kebayang teman2 ini investasi yang tidak ter-manage dengan baik. Penjelasan ga jelas, CS ga jelas….semua ga jelas. Jadi benar atau tidak uang saya utk modal petani nya juga ga jelas. Saya rasa management ga sanggup handle business nya. Saya merasa bodoh telah menginvestasikan uang saya disini. Seharusnya saya lebih banyak menganalisa dan jangan percaya dengan start up p2p lending semudah ini. Sorry to say…..this is an example of uncapable start up company. Jangan pernah investasi di Crowde!!!!

Tinggalkan komentar