Kambing Mbak Tun Pasar Babadan

IMG20180126074353
Warung Makan Sate Kambing Mbak Tun

Akhir Januari 2018, saya diajak site visit ke Kebun Ngobo, salah satu kebun milik perusahaan tempat saya mrojek. Yang mau saya ceritakan adalah tempat sarapan yang kami dimampiri sebelum masuk kebun. Namanya Warung Makan Sate Kambing Mbak Tun. Posisinya di belakang Pasar Babadan, Ungaran, Jawa Tengah. Namanya saja yang sate, padahal menu lain banyak, seperti gulai, gongso, dan tongseng.

IMG20180126074248
Tanggal buka di balik kartu nama

Yang unik, warung ini hanya buka dua hari dalam 5 hari penanggalan Jawa, yaitu hanya pada Wage dan Legi. Tiga hari lainnya tutup. Ketika puasa dan lebaran juga tutup. Di brosurnya (iya, warung ini punya brosur), dipasang jadwal buka setahun penuh, dari Januari sampai Desember 2018. Di balik kartu namanya (iya, warung ini juga punya kartu nama) juga dicantumkan tanggal buka warung setahun penuh.

IMG20180126075547
Iga Gongso

Sekitar 5 menit setelah pesan, pesanan datang. Saya pesan tongseng yang isinya daging semua. Dagingnya itu lembut banget dan tidak bau sama sekali. Sambil saya juga cicip iga gongso dan sate kambing pesanan teman saya. Kami satu mobil yang makan di situ semuanya sangat puas dengan masakan di sini. Semua masakannya enak. Tempat ini sangat recommended.

IMG20180126074314
Harga menu

Harganya… Untuk seporsi sate/gongso/gulai/tongseng adalah Rp35.000. Plus nasi Rp5.000. Coba deh iga gongsonya. Ini yang menurut saya paling enak di antara yang enak-enak.

Tahu tidak, berapa kambing yang disembelih untuk warung ini dalam sehari buka? Tujuh belas kambing! Tidak mengeherankan sih sebetulnya, karena dari saya masuk sampai keluar, warung ini penuh terus. Pesanan tidak berhenti datang.

IMG20180126081842
Pemain Keroncong di dekat pintu masuk

Pengunjung yang datang, akan dihibur dengan lagu keroncong yang dimainkan tiga orang di pojokan warung dekat pintu masuk. Dua di antaranya memegang ukulele.

Penulis: Iqbal

cinta dunia jurnalistik dan rekayasa genatika...

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s