Review Hotel Kartika Langsa

WhatsApp Image 2019-03-09 at 18.36.29
Hotel Kartika, terbesar di Langsa

Ini adalah review saya yang sangat subjektif, dengan pengalaman lebih dari lima bulan tinggal di Hotel Kartika Langsa, yaitu Oktober 2018 sampai Maret 2019.

Kesan pertama waktu datang: ini betulan hotel? Kok seperti wisma, kamarnya tidak sama satu dengan yang lain. Ada kamar yang tidak ada showernya, ada yang ada. Ada kamar yang dapat air panas, ada yang tidak dapat. Ada kamar yang ada kulkasnya, ada yang tidak ada. Ada kamar yang dapat kopi teh gula, ada yang tidak dapat. Layout kamarnya juga berbeda-beda, dengan ukuran kamar yang juga beda tapi hampir sama.

WhatsApp Image 2019-03-09 at 18.37.01
Kamar 8 Hotel Kartika

Memang ini pilihan yang mau gak mau, karena bisa dibilang, Hotel Kartika adalah hotel terbaik di Langsa. Dan katanya sih yang tertua.

Saya sempat mampir Hotel Harmoni, yang penampakannya lebih hotel dari Kartka. Kenapa? Karena bangunannya ke atas, lantainya sampai 3 kalau gak salah. Kalau Kartika mayoritas kamarnya di lantai 1, hanya sebagian kecil di lantai 2, dan hanya 1 kamar di lantai 3. Nah, di Harmoni ini saya sempat ngobrol dengan resepsionisnya. Dapatlah kamar yang sesuai budget kantor, yaitu di lantai 3. Naik ke atas pakai lift. Pas buka lift, lampunya remang-remang, dan lift terbuka persis di depan tangga. Mengerikan, kita tidak bisa dengan jelas melihat ada apa atau siapa di ujung tangga. Jadi, Harmoni bukan pilihan.

Kembali ke Kartika. Tim yang menjalankan hotel ini, saya melihatnya sih seperti kekeluargaan. Tidak ada seragam khusus kru hotel. Tidak terlihat mana atasan mana bawahan. Yang saya suka, mereka helpful, mau membantu kita. Beberapa kali saya minta diantarkan ke tugu jam 1 malam, karena saya mengejar pesawat besok paginya dari Kuala Namu Medan. Beberapa kali saya tukar uang, dilayani.

WhatsApp Image 2019-03-09 at 18.36.09
Salah satu lorong di Hotel kartika

Kunci yang digunakan masih kunci yang betulan berbentuk kunci, bukan kartu-kartuan. Kunci ini harus disetorkan ke resepsionis kalau mau kamarnya dibersihkan. Kalau kunci tidak diserahkan, kamar tidak dibersihkan. Sprei dan selimut akan diganti, sarung bantal diganti, handuk diganti, dental kit dikasih yang baru.

Kasurnya kayaknya twin semua deh, belum pernah dapat yang double (satu kasur berdua). Malah pernah sekali dapat kamar yang kasurnya ada tiga tapi kecil kecil.

Meja dan kursi di dalam kamar macam-macam. Ada yang tdak ada, ada yang ada. Yang ada juga jenismeja kursinya macam-macam. TV rasanya ada di semua kamar, tapi ada yang flat, ada yang masih TV tabung. Yang flat juga ukurannya beda-beda.

WhatsApp Image 2019-03-09 at 18.35.51
Lob bawah Hotel Kartika cukup luas

Beberapa kali petugas house keeping nya kelupaan kasih air, atau kelupaan kasih handuk, atau kelupaan kasih sabun. Sebetulnya saya kurang rela kasih sebutan house keeping, karena tidak pakai seragam. Mungkin lebih pasnya “bagian umum”.

Pilihan makanan waktu sarapan cukup banyak, ada nasi, ayam, ikan/telur, dan sayuran. Ada 3 jenis buah: papaya, nanas, dan semangka. Ada roti dengan beberapa jenis selai dan meses. Ada teh kopi. Ada 3 jenis kue yang berubah setiap hari. Timphan hampir ada setiap hari, ini kue khas Aceh banget. Ada jus yang dibuat manual.

WhatsApp Image 2019-03-09 at 18.38.34
Timphan hampir ada setiap hari di Hotel Kartika

Kadang-kadang ada mie aceh. Kadang-kadang ada bubur kacang hijau. Kadang-kadang ada semacam kuah soto. Saya sering bawa bekal dari hotel, tidak dimarahin hehe. Karena cari makan siang di kantor rada sulit.

Salah satu poin plus dari hotel ini, posisinya strategis. Di Langsa tidak ada yang tidak tahu Hotel Kartika. Semua tukang becak tahu. Letaknya memang di tengah kota.

Poin plus yang lain, banyak ruang untuk ngobrol. Hotel Kartika punya dual obi, atas dan bawah. Keduanya punya ruang tunggu dengan sofa yang lumayan banyak. Malah saya dan tim pernah meeting di lobi bawah, sekitar 10 orang.

Kalau ditanya puas atau tidak di Hotel Kartika? Jawaban saya sih mau tidak mau puas, karena ini memang sudah yang terbaik di Langsa.

Penulis: Iqbal

cinta dunia jurnalistik dan rekayasa genatika...

One thought on “Review Hotel Kartika Langsa”

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s