Recommended: Investasi di iGrow

Saya kenal iGrow hampir dua tahun lalu, sekitar pertengahan 2018. Kenalnya dari geraidinar.com yang diasuh oleh Muhaimin Iqbal. Saya langsung berani investasi sebesar Rp3.913.000 untuk proyek tebu. Berani investasi di situ karena pernah ketemu langsung dengan Muhaimin Iqbal di salah satu forum yang dia buat. Ternyata beliau dari IPB, satu almamater dengan saya.

Saat bertemu, dan membaca tulisan-tulisannya, saya menyimpulkan bahwa pengetahuan beliau tentang pertanian cukup dalam. Pengalaman kerjanya di perbankan juga cukup lama, sehingga bisa dibilang beliau paham sekali dengan keuangan dan investasi. Satu lagi, beliau adalah ustadz, sehingga paham mana yang riba dan mana yang bukan riba.

Kenapa latar belakang pengasuh media investasi menjadi penting? Karena menurut saya, teknologi saja tidak cukup, tetapi pengasuh juga perlu knowledge yang dalam.

Muhaimin Iqbal, setahu saya, selalu menggaet anak-anak muda yang cerdas dan alim untuk bergabung dengan bisnis-bisnisnya. Termasuk iGrow ini. Saya pernah lihat video anak muda yang mengelola iGrow ini. Ohya, iGrow ini di bawah pengawasan OJK, jadi lebih tambah yakin lagi untuk investasi lewat iGrow.

Jadi idenya begini, iGrow ingin menggabungkan tiga elemen penting dalam bisnis pertanian, yaitu pemilik tanah, pengelola tanaman, dan pemodal. Pemilik tanah fungsinya ya jelas, memberikan hak kelola tanahnya, jadi jelas harus punya tanah. Pengelola tanaman bertugas mengolah tanah, menanam, memanen, jadi harus punya pengalaman dalam pertanian. Sedangkan pemodal, ya harus punya modal untuk menggerakkan pengelolaan tanah tadi, dia tidak harus mengerti pengelolaan tanaman. Nah, saya termasuk elemen ketiga: pemodal.

Screenshot_2018-12-28-09-10-32-38
Investasi di tebu

Saya akan dapat 40% dari profit bersih. Pemilik tanah dapat 40% juga. Sementara iGrow dapat 20%.

Proyek apa yang mau kita modali, itu banyak pilihannya di iGrow. Investasi pertama saya adalah di proyek tebu. Jadi dalam proyek tersebut, cita-citanya adalah ingin membuat Indonesia swasembada tebu, tidak perlu impor-impor lagi.

Dulu Indonesia sempat menjadi eksportir gula terbesar (era colonial Belanda), sekarang malah jadi importir terbesar. Tahun 2016, Indonesia mengimpor gula senilai Rp28,4 Triliun. Jumlah tsb lebih besar dari import yang dilakukan Cina, Amerika, dan India. Padahal ketiga negara tersebut penduduknya lebih besar dari Indonesia.

Kalau saya mau, maka saya bisa berkunjung ke kebun tempat saya berinvestasi. Pernah saya jadwalkan ke Blitar, bahkan sudah kontak dengan yang akan menerima saya di sana. Tapi sayanya yang batalkan karena ada acara lain.

Lewat iGrow juga, pengelola memberikan progress pekerjaan dengan gambar-gambar pertumbuhan kebun. Ini keren banget, saya bisa lihat tanaman yang saya investasikan.

Hanya saja, saya sempat kecewa dengan fitur chat dengan pengelola yang tidak dibalas-balas. Maksudnya mau diskusi dengan pengelolanya langsung dan sekadar ngobrol saja, tapi ini belum bisa.

Namun begitu, saya senang, karena iGrow merespon email saya dan jawabannya pun menyenangkan. Jadi, setelah setahun, saya tanyakan bagaimana tentang proyek yang pernah saya modali? Dijawab bahwa akan dikalkulasi di akhir bulan. Dan betul di akhir bulan saya di-email dengan keterangan berapa banyak profit yang didapat dari proyek tersebut, dan ditanya, apa mau melanjutkan permodalan di proyek ini atau tidak? Saya jawab tidak, dan minta dikirimkan ke rekening yang saya berikan.

Sebetulnya itu hanya ngetes. Kalau dia betul on time kirim hasil panen dan modal awal saya, berarti iGrow trusted. Dan saya sudah niat mau bikin tulisan tentang iGrow apapun hasilnya. Kalau jelek gak amanah ya saya tulis jelek. Kalau bagus ya saya tulis bagus. Saya pernah menulis juga tentang pengalaman investasi di Crowde yang tidak memuaskan, not recommended.

Ternyata iGrow betul mengirimkan uang saya sejumlah yang dilaporkan, bahkan sebelum tanggal yang dijanjikan. Janjinya antara 26-30 Desember 2018, ditransfernya 14 Desember 2018.

Screenshot_2019-01-01-16-35-38-18
Email awalnya dijanjikan bagi hasil pada akhir Desember 2018
Screenshot_2019-01-01-16-36-02-73
Email akhirnya, tanggal 14 Desember 2018 sudah bagi hasil

Pengelaman ini yang membuat saya merekomendasikan untuk investasi lewat iGrow. Semoga bermanfaat….

Penulis: Iqbal

cinta dunia jurnalistik dan rekayasa genatika...

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s