Sep

Singapura – Kuala Lumpur 6 Hari Bersama Bayi; Day 6/6

Perjalanan saya, istri, dan anak umur 1,5 Tahun selama travelling di Singapura dan Kuala Lumpur pada September 2015

Hari Pertama – Changi Airport Singapura, Merlion Park, Helix Bridge, Garden By The Bay, Singapore Flyer

Hari Kedua – Singapore Botanical Garden, Orchard Road, Bugis Street, Harbour Front

Hari Ketiga – Sentosa Island, Johor Baru Sentral

Hari Keempat – Kuala Lumpur Sentral, Batu Caves, Muzium Negara, Dataran Merdeka, Pasar Seni, Petaling Street

Hari Kelima – KLCC, Little India, Pasar Seni, Petaling Street

Hari Keenam – KLIA, Soekarno Hatta Airport

Pukul 3 pagi sudah siap-siap. Tepat pukul 4 kami sudah berangkat ke KLIA (Kuala Lumpur International Airport). Sampai Airport pukul 5.15. Cukup banyak saya ngobrol dengan sang supir. Taksi di Kuala Lumpur semuanya harus menggunakan Bahan Bakar Gas (BBG) yang bisa diisi di banyak pom Petronas. Harga BBG ini murah banget. Biasanya sehari narik, supir taksi hanya perlu RM20 untuk mengisi gas. Padahal dari argo antar saya ke bandara saja sudah hampir RM100.

Supir taksi ada dua jenis. Pertama, supir yang ada di bawah perusahaan taksi. Mereka mendapat pinjaman taksi dan harus menyetor sejumlah tertentu setiap harinya. Kedua adalah supir yang sudah memiliki mobilnya sendiri. Nah, ini yang untungnya besar banget. Karena setorannya hanya berupa pajak saja yang jumlahnya tidak banyak.

Taksi yang saya naiki adalah taksi pribadi. Jadi, kalau modal gas sampai bandara RM10, sementara argonya RM100, pagi itu dia bisa bawa RM90 masuk kantongnya, atau sekitar Rp315 ribu.

Kata supirnya, Lion Air di KLIA 2, terminal baru. Saya sudah sampai KLIA 2, tanya baik-baik dengan petugas di Information Center. Katanya Lion Air di KLIA, bukan KLIA 2. “Silakan naik train nanti baru mulai jam 6,” kata petugas.

“Pesawat saya 7.40, kalau baru jam 6 nanti bisa telat check in. Apa bisa naik taksi atau pilihan yang lain?” tanya saya.

“Salah sendiri kenapa ke KLIA 2,” jawabnya ketus.

Wah, jawabannya sudah tidak enak. Saya ambil opsi lain saja lah. Saya telepon supir taksi yang tadi dan minta dia jemput kembali di KLIA 2 dan antar ke KLIA. Alhamdulillah tidak lama kemudian dijemput lagi. Argo tidak dinyalakan dan saya tidak diminta bayaran tambahan.

Proses imigrasi tidak lama. Pesawat boarding sekitar pukul 7.00. Saya sempat beli burger 2 buah di Dunkin Donuts, seharga RM12. Kembali ke Jakarta…

0 Responses to “Singapura – Kuala Lumpur 6 Hari Bersama Bayi; Day 6/6”