20
Sep
15

Singapura – Kuala Lumpur 6 Hari Bersama Bayi; Day 2/6

Perjalanan saya, istri, dan anak umur 1,5 Tahun selama travelling di Singapura dan Kuala Lumpur pada September 2015

Hari Pertama – Changi Airport Singapura, Merlion Park, Helix Bridge, Garden By The Bay, Singapore Flyer

Hari Ketiga – Sentosa Island, Johor Baru Sentral

Hari Keempat – Kuala Lumpur Sentral, Batu Caves, Muzium Negara, Dataran Merdeka, Pasar Seni, Petaling Street

Hari Kelima – KLCC, Little India, Pasar Seni, Petaling Street

Hari Keenam – KLIA, Soekarno Hatta Airport

Hari Kedua – Singapore Botanical Garden, Orchard Road, Bugis Street, Harbour Front

Pagi-pagi saya langsung dorong stroller ke Singapore Botanical Garden. Naik MRT turun di Botanical, tiketnya $2,7/orang. Ini taman gratisan yang terawat bagus. Satu-satunya taman tropis di dunia yang diberi penghargaan oleh UNESCO World Heritage Site. Dari taman ini, Singapura melakukan diplomasi bunga dengan Indonesia. Salah satu koleksi anggreknya dinamai Iriana Jokowi. Nama Ani Yudhoyono juga pernah masuk dalam list diplomasi bunganya Singapura.

Pertama kali masuk, saya langsung lihat papan peta lokasi. Besar dan banyak. Ada taman-taman tematik seperti Fragrant Garden, Healing Garden, Herbs & Spices, Fruit Trees, Nut Trees, dll… Buat yang suka tumbuhan, bagus banget nih. Buat pengetahuan anak-anak bagus. Buat yang mau jogging di taman juga bagus J Dan memang banyak yang jogging di sini.

Kotak brosur di Singapore Botanical Garden

Kotak brosur di Singapore Botanical Garden

Terdapat boks berisi brosur di bawah papan peta besar. Di atas boks itu, kita dipesani: Drop your used brochures here for others to reuse. Yaah, betul juga sih. Biasanya brosur itu cuma terpakai sekali, lalu menumpuk di rumah dan dibuang. Lebih baik kita kembalikan saja setelah dipakai.

Anak saya hanya main-main sebentar di Eco Lake, bersama burung-burung dara yang jinak, angsa, dan kura-kura, lalu lanjut ke luar lewat Nassim Gate, karena itu adalah pintu terdekat menuju Orchard Road.

Sepanjang perjalanan, anak saya sering minta berhenti untuk disusui. Kalau sudah begitu ya disusui saja di sembarang tempat, dengan menggunakan apron. Biasanya setelah disusui sudah tidak rewel, jadi bisa jalan lagi. Kalau anak saya ketiduran, bisa ditaruh di stroller. Jadi dia tetap tidur, tapi perjalanan bisa lanjut. Saya dan isteri sering bergantian, yang satu gemblok tas, yang satu dorong stroller.

Eco Lake di Singapore Botanical Garden

Eco Lake di Singapore Botanical Garden

Dari Singapore Botanical Garden, kami jalan kaki menuju Orchard Road, lewat Nassim Road. Tinggal lurus saja, tapi agak jauh. Mau naik kendaraan umum juga mau naik apa? Gojeg belum sampai ke Singapura.

Sampai Orchard Road, kami langsung cari makan di food court salah satu pusat perbelanjaan. Saya cari yang restoran India muslim supaya jelas halalnya. Saya dan istri pesan dua porsi nasi dengan ayam, harganya $11. Tempatnya sempit dan orangnya ramai. Untung ada larangan merokok.

Orchard Road adalah salah satu jalan paling terkenal di Singapura. Kenapa terkenal? Karena di sini adalah pusat perbelanjaan dan entertainment. Banyak yang bilang, belum ke Singapura kalau belum ke Orchard Road. Padahal menurut saya mah biasa saja. Ya seperti pusat perbelanjaan biasa.

Oleh-oleh gantungan kunci di Bugis Street

Oleh-oleh gantungan kunci di Bugis Street

Istri saya mulai cari oleh-oleh di sini. Tempelan kulkas, gantungan kunci, cokelat, banyak pilihannya di Orchard Road. Tapi saya lebih merekomendasikan Bugis Street untuk cari oleh-oleh. Semua yang isteri saya beli di Orchard Road ada di Bugis Street dengan harga yang sama atau lebih murah.

Minuman yang dijual di Bugis Street

Minuman yang dijual di Bugis Street

Kami mampir ke masjid Al-Falah, dekat Paragon Shopping Centre, untuk sholat. Masjidnya masih dalam pembangunan, mungkin perluasan. Kami istirahat sebentar dan minum sampai puas J

Lepas sholat, langsung menuju Bugis Street. Saya coba menggunakan bus biasa dari Orchard Road. Nah, kalau naik bus biasa, stroller harus dilipat dan ditenteng ke dalam. Saya tanya supirnya berapa ongkos ke Bugis? Dia bilang $1,4/orang. Lalu saya masukkan uang ongkos ke semacam celengan yang langsung bisa menghitung sendiri. Tiket langsung keluar otomatis. Jadi tidak perlu kenek J

Di Bugis, apalagi aktivitasnya selain beli oleh-oleh? Istri saya langsung kalap dan beli macam-macam, ya cokelat, gelas, tempelan kulkas. Cokelat di sini memang murah. Toblerone ukuran sedang sebanyak 6 buah itu dihargai $10, atau sekitar Rp17.000 per buah. Gantungan kunci 24 buah harganya $10 atau sekitar Rp4.000/ buah. Murah sih, tapi tidak murah murah amat juga. Istri saya beli banyak, sampai beli 1 tas lagi khusus untuk oleh-oleh J

Sudah menjelang maghrib, tapi kami tetap jalan lagi ke Horbour Front, untuk menuju ke Sentosa Island. Rupanya monorail Sentosa Express sudah tutup pukul 19.00. Jadi ya sudah, kami hanya lihat-lihat Sentosa dari pinggir Harbour Front saja. Sebetulnya ada jembatan untuk pejalan kaki menuju Sentosa Island, tapi sudah malam dan kelihatannya lumayan jauh juga. Lebih baik pulang saja.

Seven Eleven seperti warung kecil

Seven Eleven seperti warung kecil

Sebelum pulang, kami makan malam di KFC Harbour Front. Ambil 2 rice bucket dan 2 kue kecil untuk anak, totalnya $11. Harga segitu terbilang murah banget di pusat perbelanjaan Singapura. Rice bucketnya banyak sampai kami sulit menghabiskannya.

Ohya, di stasiun Tanah Merah, saya menemukan Seven Eleven (Sevel) yang ukuran tokonya seperti toko kelontong, kecil dan penuh sesak dengan barang dagangan. Beberapa Sevel yang saya jumpai di Singapore, selain di Tanah Merah, juga modelnya sama. Jauh berbeda dengan di Jakarta yang biasanya besar-besar dan ada tempat nongkrongnya.


0 Responses to “Singapura – Kuala Lumpur 6 Hari Bersama Bayi; Day 2/6”



  1. Tinggalkan sebuah Komentar

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


September 2015
S S R K J S M
« Agu   Okt »
 123456
78910111213
14151617181920
21222324252627
282930  

%d blogger menyukai ini: