05
Jun
12

Redefinisi

Fakultas Pertanian lantai 7.

Saya bisa melihat lebih jelas dari atas sini. Tebaran bintang di atas dan di bawah. Yang di bawah berasal dari lampu kendaraan dan rumah, lebih semarak dan lebih dinamis daripada yang di atas. Bahkan saya bisa melihat perselingkuhan tanpa dia tahu saya sedang mengamatinya. Perselingkuhan di atas perselingkuhan. Karena dengan melakukan pacaran saja sebetulnya dia sudah berselingkuh dengan sebuah aturan (QS 17: 32).

Sepertinya desibel dari suara orang dan suara kendaraan tidak bisa sampai ke atas, ke lantai 7, sudah terhalang angin yang diberi kemampuan menyerap energi suara tersebut. Oh angin, saya tahu itu hanya sebagian saja dari kekuatan yang Allah berikan kepadamu. Itu tidak seberapa dibanding ketika engkau mengangkat kaum ‘Ad melayang-layang sampai kering dan mati, kaum tergagah dengan tinggi badan puluhan meter yang harus binasa karena tidak percaya bahwa akan ada hari pembalasan. Sebagai pembelajaran untuk kami, umat setelahnya.

Mereka tidak percaya akan ada hari pembalasan. Hari ketika pemakan riba akan diganjar hebat. Dia akan ditaruh di tengah sungai dan terus dilempari lalu terjerembab kembali ke tengah sungai, sampai tidak bisa keluar dari sungai itu. Teruuus, tanpa ada batas waktu (Bukhori 1943). Andai lamanya pendekaman dia dalam siksaan tersebut selama tahun yang banyaknya seperti buih di lautan, maka dia akan senang. Tapi jumlah tahunnya merupakan bilangan tak terhingga, seperti satu dibagi nol, tak terhingga dengan lambang seperti bendera yang seringkali membuat mata kuliah kalkulus begitu menyebalkan.

Bicara riba, tentu akan banyak sekali yang marah dikatakan makan riba. Maka saya sepakat dengan apa yang senior saya katakan, bahwa kalau hatinya belum taslim pada dalil naqliy, maka susah. Dia akan terus mencari pembenaran tentang apa yang dilakukannya. Mencari orang yang bisa membahasnya dengan ilmiah dan relijius. Pokoknya jadi boleh.

Di bawah sana, di kantin Stevia, banyak orang yang asyik dengan aktivitasnya sendiri. Lalu tiba-tiba ada seorang pemuda yang menyuruh para mahasiswi untuk segera pulang ke kosannya masing-masing. Itu adalah aturan lama dari badan kemahasiswaan, berbekal dasar bahwa wanita akan dihiasi oleh makhluk jahat dengan bermacam hiasan, sehingga menjadi tampak jauh lebih menarik di malam hari. Lalu implikasi ikutannya akan menjadi panjang dan menyeramkan.

Namun si mahasiswi seperti merasa diganggu, lalu berteriak, “Ihhh!!! Fundamentalis!” Dia belum tahu cerita tentang kegiatan makhluk jahat tersebut di malam hari. Ibarat Moluska yang belum tahu bahwa pasir menyakitkan yang disisipkan ke dalam tubuhnya suatu saat akan bermetamorfosis menjadi mutiara cantik yang mahal harganya. Atau seperti pohon karet yang merasa risih dikelilingi Trichoderma yang ditabur petani, padahal itu akan membantu akarnya bertahan dari Jamur Akar Putih, sehingga tidak roboh sebelum banyak memberi manfaat pada manusia.

Kasihan si mahasiswi. Sepertinya ia harus lebih sering mematikan TV-nya. Kotak kecil itu telah memutarbalikkan pendefinisian yang ada di kepalanya. Sang mahasiswi telah meredefinisi beberapa makna esensial. Dia akan menunjukkan jarinya kepada orang-orang berjenggot yang bertakbir menggelegar sambil mencap radikal, fundamentalis. Tapi di sisi yang lain dia akan mengikuti komedi dalam TV yang menampilkan peran pencinta hubungan sesama jenis, lalu ikut tertawa. Dalam hatinya, ini kan hanya hiburan. Lalu sedikit demi sedikit akan memaklumkan peran-peran tersebut dalam dunia nyata.

Ooo indahnya sudut pandang dari atas sini. Topeng dan bukan topeng akan lebih jelas. Tipuan berbungkus kata dan rupa seperti menampakkan sisi aslinya. Tapi tidak mudah untuk sampai ke Faperta lantai tujuh jam 10 malam. Harus ada ilmunya. Anda harus kenal dekat dengan Satpam Faperta, atau Anda harus datang lebih awal dan berdiam lama di atas (dengan risiko tidak bisa turun karena pintu tangga sudah dikunci). Semua harus punya ilmunya. Dan kalau mau aplikasi ilmu tersebut, selalu akan ada risikonya.

 


1 Response to “Redefinisi”


  1. Juni 27, 2012 pukul 4:19 am

    Salam Kenal Untuk Semuanya Yaa…🙂


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


Juni 2012
S S R K J S M
« Mei   Sep »
 123
45678910
11121314151617
18192021222324
252627282930  

%d blogger menyukai ini: