03
Okt
11

Relatif

Satu adegan nyentil di film Ice Age (lupa Ice Age berapa). Salah satu tokoh hewan menggali tanah nyari air, dia gali lumayan dalam. Akhirnya dia nemu sesuatu: intan, emas, perhiasan. Dia buang sekopnya, perhiasan ditinggalin begitu aja. Kecewa berat karena gak dapat yang dia cari. Waktu itu, air jauh lebih mahal dari setumpuk perhiasan.

Satu lagi. Ada game namanya Age of Empire. Di situ, kita jadi raja salah satu kaum yang butuh ekspansi kekuasaan (mirip sifat dasar manusia). Di awal-awal, saya gampang banget ngumpulin kayu dan bikin pertanian. Kayu dan pangan jadi barang yang gak ada artinya banget dibanding emas. Kebutuhan primer jelas tercukupi.

Tapi waktu semua lahan sudah terkuasai, sudah dieksplorasi habis, pasar menghendaki harga emas sebagai komoditi tersier jauh lebih rendah dari kayu dan pangan yang jadi barang super langka. Saya dituntut untuk ngurangin populasi penduduk supaya makanan cukup. Harga pangan relatif naik.

Secara logis kedua cerita di atas bisa dijabarkan. Suatu hari nanti emas gak ada artinya. Gak ada orang miskin yang mau dikasih harta, semua sudah kaya (kutub as sittah). Harga emas relatif turun.

Dok: en.fotolia.com

Tapi memang sudah dasar sifatnya orang itu rakus. Sesuai HR Tirmidzi: Kalau manusia sudah punya emas sebanyak 2 jurang, maka dia akan mencari yang ketiga. Hanya tanah yang bisa memenuhi mulutnya.

Alhakumuttakatsur. Semua kita, semua kalian, sibuk pake mulut, jalanin bisnis, kerja dari pagi sampai sore, melipatgandakannya, beli rumah, beli mobil. Dan Allah kasih semua itu, insya Allah. Tapi ketika diajarkan tentang Allah, tentang agama, kalian bilang, “Maaf gak ada waktu. Entar aja deh kalo udah tua. Kok hukumnya menentang HAM sih? Sekarang kan zamannya kesetaraan gender. Gak pacaran gimana pendekatannya? Ih, fundamentalis…” Bla…bla…bla…

See, how arrogant the people can be… how arrogant I can be… A’udzu billah min dzalik.


0 Responses to “Relatif”



  1. Tinggalkan sebuah Komentar

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


Oktober 2011
S S R K J S M
« Sep   Nov »
 12
3456789
10111213141516
17181920212223
24252627282930
31  

%d blogger menyukai ini: