08
Jul
11

Batang dalam 2 Jam

Batang tidak berbeda jauh dengan kondisi kota-kota sepanjang Pantura lain. Panas, gersang, berdebu. Aku pinjam sepeda kawanku untuk keliling Batang. Pikiran pertamaku ingin ke pantai. Tapi aku mampir dulu di alun-alun Batang yang letaknya persis di pinggir Pantura.

Sebuah gerobak kecil dan gelaran tikar sudah cukup membuat sebuah sudut alun-alun jadi tempat nongkrong. Di situ ada penjual susu segar yang merupakan pensiunan Pos Indonesia. Aku pesan segelas susu dan makan dua buah gorengan yang enak. Untuk itu aku bayar Rp 4.500.

Dari alun-alun itu, aku menuju Pantai Sigadung (kalau tidak salah). Di tengah perjalanan aku lihat ada tulisan “Tambak Kuda Laut”. Wah, ini bikin penasaran. Baru kali ini aku dengar ada tambak kuda laut. Mau dibuat apa?

Aku masuki gang yang ada tulisan itu. Sampai di sebuah bangunan seperti rumah besar yang dikelilingi aktivitas pekerja. Baunya pesing sekali. Aku tanya ke salah satu pekerja, “Kolam Tambak Kuda Laut nya di mana?”

“Bukan tambak, tapi rambak, artinya keripik.” Jadi, itu adalah pabrik keripik yang namanya Kuda Laut. Bahan keripiknya ya ikan, bukan kuda laut. Sial.

Dok: id.wikipedia.org

Aku goes lagi sampai ketemu jembatan yang di bawahnya banyak kapal-kapal nelayan. Terlihat juga ada semacam tempat pelelangan ikan. Semuanya tampak kumuh.

Baru kemudian aku ketemu dengan Pantai Sigadung. Kotor! Bahkan aku malas turun dari sepeda. Yang menarik dari Sigadung adalah adanya tempat atraksi lumba-lumba. Kaau tidak salah, itu milik Taman Safari. Tapi baru buka pukul 2 siang. Di luar jam itu tidak boleh masuk.


0 Responses to “Batang dalam 2 Jam”



  1. Tinggalkan sebuah Komentar

Tinggalkan Balasan

Juli 2011
S S R K J S M
« Jun   Agu »
 123
45678910
11121314151617
18192021222324
25262728293031

