5 cm

Salah satu novel terbaik Indonesia. Ini adalah buku untuk para petualang alam maupun petualang hidup. Aku sudah membacanya sejak sekitar 2006, waktu buku ini baru terbit, tapi seakan kisahnya masih menempel kuat.

Donny si pengarang membuat cerita ini dengan gaya bahasa anak muda. Beberapa anak muda yang bersahabat mempunyai kehidupan masing-masing. Mereka akrab sekali sampai suatu ketika jenuh mendera. Mereka memutuskan untuk vakum dalam persahabatan tersebut sampai waktu yang ditentukan.

Mereka kemudian bertemu lagi di sebuah stasiun kereta api di Jakarta untuk menuju Malang. Dengan kereta ekonomi itu, mereka menemui banyak hal tentang Indonesia, seperti penjual nasi bungkus yang sudah renta sekali yang memohon-mohon dagangannya dibeli, dsb.

Tujuan utamanya adalah mendaki gunung Semeru. Donny menggambarkan setiap detail keluhan mereka dalam pendakian gunung tertinggi di Jawa itu. Tapi menurutku agak berlebihan. Sebetulnya tidak sesusah itu. Tapi dramatisasi ini sepertinya berhasil menyedot banyak keinginan anak muda untuk mendaki Mahameru.

Donny menularkan virus untuk cinta pada Indonesia. Ia mendoktrin untuk tetap menancapkan mimpi, menggantungnya 5 cm di depan jidat agar bisa dilihat terus menerus. Kita hanya butuh kaki yang lebih jauh melangkah untuk melakukan semuanya. Hebat!

Iklan

Penulis: Iqbal

cinta dunia jurnalistik dan rekayasa genatika...

1 thought on “5 cm”

  1. i like it,, 5 cm bner” bagus,, bner” kren,, aq ska ngoleksi bku bku sama novel” tpi cuma ska ngoleksi aj,, ggak suka bca,, tpi sehbis bca 5 cm jdi gmar mmbca skrng,, wiiih,, pkoknya jempol deh untuk 5 cm,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s