01
Jun
11

Ada USD di Dompet Orang Kamboja

Selain bercerita banyak tentang islam yang ada di Kamboja, Yunus yang sejak kecil tumbuh di Pnom Penh juga bercerita tentang keadaan negaranya. “Kamboja itu punya potensi wisata lebih bagus daripada Thailand, tapi kurang kepintarannya,” kata Yunus dengan Bahasa Indonesia yang masih terbata-bata. “Orang-orang pintar yang ada di Kamboja memilih meninggalkan Kamboja untuk penghidupan yang lebih baik.”

Jadi wajar saja kalau pengelolaan negaranya kurang baik. Kuil-kuil di Kamboja lebih banyak daripada kuil-kuil di Thailand, tapi orang-orang tetap lebih memilih Angkor Wat (salah satu kuil terkenal di Thailand) sebagai tujuan utama.

Kalau menurut Yunus, Thailand mempersiapkan pariwisatanya dengan serius. Mereka memperbaiki akses jalan ke tempat wisata, menyediakan banyak penginapan, dan juga mempersiapkan SDM buat bisnis pariwisata. Sementara Kamboja tidak seserius itu.

Harga-harga di Kamboja tidak berbeda jauh dengan di Indonesia kalau di rupiah-kan. Sepiring bakso, di sana itu 1.000 riel (mata uang Kamboja; 1 riel = Rp 2,5) atau sekitar Rp 2.500.

Dok: fondosdibujosanimados.com

Yang unik, di Kamboja, USD laku di mana-mana. Sudah biasa kalau orang mempunyai uang Riel dan USD sekaligus dalam satu dompet. Yunus sendiri kalau jajan di sekolahnya sering menggunakan USD.

Kamboja mempunyai raja yang kedudukannya diwariskan turun-temurun. Ada suatu waktu ketika rajanya adalah bocah berumur 6 tahun (kalau tidak salah ingat). Orang-orang meremehkannya, tapi ternyata dia bisa memimpin dengan baik. Sampai sekarang raja itu masih ada tapi kekuasaannya sudah diwariskan ke anaknya.

Orang-orang Vietnam senang berdagang ke Kamboja. Kalau dihitung-hitung, lebih untung buat mereka jualan ke Kamboja ketimbang jualan di negaranya sendiri. Tapi tetangga satunya lagi, Thailand, menurut Yunus, agak dingin hubungannya dengan Kamboja. Masuk ke Vietnam, bagi orang Kamboja, jauh lebih mudah daripada masuk ke Thailand.

Mudah-mudahan lain kali ada kesempatan melihat langsung kehidupan Kamboja.


0 Responses to “Ada USD di Dompet Orang Kamboja”



  1. Tinggalkan sebuah Komentar

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


Juni 2011
S S R K J S M
« Mei   Jul »
 12345
6789101112
13141516171819
20212223242526
27282930  

%d blogger menyukai ini: