Pertarungan Terakhir

Seri ketiga (terakhir) dari karya Saini KM dalam seri Hutan Larangan. Di sini diceritakan Banyak Sumba sudah semakin matang dalam ilmu silatnya. Ia kemudian bergabung dengan Colat, seorang buronan utama dari kerajaan Pajajaran.

Colat sudah lama sekali dicari. Ia berbuat banyak hal jelek dengan tujuan menguasai kerajaan. Pada awalnya, Banyak Sumba hanya ingin belajar ilmu silat kepada Colat. Tapi, secara tidak langsung ia ikut menjadi buronan karena masuk dalam kawanan Colat.

Anggadipati, seorang Puragabaya, ditugaskan kerajaan untuk menumpas si Colat. Sejak lama banyak Sumba menyimpan dendam kepada Anggadipati karena telah membunuh kakanya, Jante.

Semakin lama Banyak Sumba bergabung dengan pasukan Colat, semakin ia tidak senang dengan perlakuan Colat yang sewenang-wenang terhadap rakyat jelata, termasuk merampok dan membunuh.

Sampai suatu ketika, Colat mendapati anaknya dibunuh di suatu kampung. Ia kemudian menjadikan seluruh penduduk kampung yang masih hidup sebagai kayu bakar bagi mayat anaknya.

Seketika itu, Banyak Sumba menghentikan keadaan yang sangat busuk itu. Ia terpaksa berhadapan dengan si Colat. Banyak Sumba menang tapi membuatnya pingsan beberapa hari.

Setelah bangun, ia sudah mendapati Anggadipati di hadapannya akrab dengan Yuta Inten, kakaknya. Kekasih dari banyak Sumba juga hadir di depannya. Seketika semua dendam lenyap, Pajajran kembali jaya. Penasaran kan? Terlalu banyak konflik yang bakal panjang kalau diceritakan sepenuhnya. Lebih baik baca sendiri ya =)

Iklan

Penulis: Iqbal

cinta dunia jurnalistik dan rekayasa genatika...

4 thoughts on “Pertarungan Terakhir”

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s