04
Jan
11

Pangeran Anggadipati

Kisah dari Saini KM yang sudah lama terkenal sebagai penulis novel sejarah. Dalam buku ini digambarkan seorang Pangeran bernama Anggadipati yang digodok dalam sebuah padepokan silat paling hebat di wilayah kerajaan Pakuan.

Sejak umur 14 tahun ia dididik untuk menjadi Puragabaya, seorang pemuka agama yang diberi kemampuan bertarung luar biasa. Menjadi Puragabaya adalah sebuah kehormatan bagi keluarga.

Anggadipati adalah salah satu murid terhebat dari puluhan murid lainnya. Kawan sekamarnya, Jante, juga termasuk yang terhebat. Suatu saat ketika mereka sudah dianggap layak menjadi Puragabaya, mereka dikirim tugas ke beberapa daerah. Sebelumnya, Anggadipati diajak oleh Jante ke daerah tempat Jante tinggal.

Di situ, Anggadipati jatuh cinta dengan Yuta Inten, adik Jante. Mereka sudah mengikat janji, setelah penugasan ke daerah tersebut, Anggadipati akan menikahinya.

Namun, semasa tugas, Jante membunuh seorang bangsawan yang terkenal biadap. Tapi, membunuh adalah sesuatu yang dianggap buruk bagi seorang Puragabaya. Jante harus tetap diadili. Ia kabur ke hutan kemudian dikejar oleh teman-teman Puragabaya nya, termasuk Anggadipati.

Dengan baik-baik, Anggadipati mengajak Jante kembali, tapi ia tidak mau. Tidak sengaja, Jante terdorong ke lereng oleh Anggadipati, lalu Jante tewas. Yuta Inten mengutuk kejadian tersebut, Anggadipati dianggap musuh.

Di sisi lain, Anggadipati dianggap pahlawan bagi seluruh rakyat. Ia dianggap mampu membunuh pembunuh dan menjadi Puragabaya yang paling tersohor.

Iklan

4 Responses to “Pangeran Anggadipati”


  1. 1 Hermawan
    Januari 11, 2011 pukul 12:06 pm

    Apa kabar bung iqbal, udah lama gak da kabarnya? lg dimana?

  2. 3 enjang muslih
    Desember 23, 2011 pukul 12:32 pm

    aswrwb ! kangen banget dengan cersil yang pernah kubaca tahun 1979, waktu masih kls I SMP…. sampe2 anakku yang kecil kuberi nama Jante…. pengen baca lagi tapi harus cari kemana, ada yang bisa bantu ?


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


Januari 2011
S S R K J S M
« Des   Feb »
 12
3456789
10111213141516
17181920212223
24252627282930
31  

%d blogger menyukai ini: