04
Nov
10

Things Fall Apart

Tidak berlebihan kalau Aku sebut buku ini masuk kategori terbaik buatku. Di dalamnya dibahas bagaimana invasi para misionaris dalam menyebarkan agama kristen di Nigeria, tepatnya di salah satu daerah yang masih menganut animisme dinamisme.

Konflik besarnya adalah ketika tokoh utama melawan demikian hebatnya invasi tersebut demi mempertahankan budaya nenek moyangnya. Dia bahkan rela membunuh anak angkatnya sendiri.

Digambarkan dalam buku ini, tokoh utama tersebut adalah seorang yang berpendirian keras dan ingin dicitrakan berpendirian keras. Jadi, dia secara sadar melakukan bermacam hal agar orang menganggapnya keras dan sangat patuh terhadap adat. Ia membunuh anak tirinya padahal ia tidak ingin. Ia memukuli istrinya padahal tidak ingin.

Semakin lama, semakin banyak pengikut di desanya yang mengikuti ajaran misionaris tersebut. Ia pun geram bukan kepalang sampai menyusun kekuatan dari orang-orang desa yang “belum terpengaruh”. Namun, karena kuatnya cengkeraman misionaris yang digambarkan masuk dengan damai dan penuh kasih, maka ia tetap kalah. Ia memilih menggantung dirinya karena tidak tahan malu.

Aku tidak tahu ini buku true story (atau minimal ada riset sebelumnya) atau tidak, tapi konfliknya luar biasa hebat. Bahkan, sampai sekarang, sepertinya konflik seperti ini masih ada, terutama di pedalaman-pedalaman yang masih menganut animisme dinamisme. Great book!

Iklan

0 Responses to “Things Fall Apart”



  1. Tinggalkan sebuah Komentar

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


November 2010
S S R K J S M
« Okt   Des »
1234567
891011121314
15161718192021
22232425262728
2930  

%d blogger menyukai ini: