Men’s Health Indonesia Bicara Rambut

Dalam salah satu rangkaian Jakarta Fashion Week 09/10 hari ke-6 ini, fashion tent diisi oleh majalah Men’s Health Indonesia (MHI). Saya pikir awalnya Men’s Health mau ikutan ngeluarin karya desainnya, ternyata bukan. Kali ini, MHI dan tabungan Britama membuat acara Brown Bag Lunch. Sayang, pesertanya Cuma sedikit, mungkin sekitar 30% kapasitas maksimum. Padahal, acaranya bagus menurut saya. Tips-tips merawat rambut diberikan. Lumayan kan nambah-nambah ilmu.

Edwin. Familiar wajahnya, tapi saya kurang ingat dia mengisi program TV apa. Yang jelas program yang isinya menjaga kesehatan dan kebugaran. Dia memberikan informasi 10 jenis makanan sehat untuk rambut:

1. Lemon, bagus untuk kulit rambut yang berminyak.

2. Telur, untuk rambut kering dan bercabang.

3. Alpukat, mempertahankan kualitas rambut, bagus untuk kesuburan rambut.

4. Santan, mengembalikan elastisitas rambut.

5. Seledri, memudahkan penyerapan nutrisi bagi rambut.

6. Yoghurt, mengandung banyak antibakteri, mengandung banyak nutrisi.

7. Extra virgin olive oil, member nutrisi pada kulit dan batang rambut.

8. Lidah buaya, mengandung lateks.

9. Baking soda, untuk rambut yang bau karena kerudung, caranya campur baking soda dengan air lalu disemprot ke rambut.

10.Flaxseed, termasuk superfood, makanan paling tinggi omega 3 nya, bahkan 10 kali lipat dari salmon, bagus untuk jenis rambut tipis dan mudah patah karena tinggi proteinnya, ada zink dan omega 3.

FX Fredy, narsum kedua, memberikan info “grooming products for health”. Dia bilang, rambut juga bisa bikin rambut pria keren, bukan Cuma buat wanita. Penting untuk menjaganya dari dalam seperti makan-makanan seperti yang dijelaskan Edwin. Perawatan dari luar misalnya dengan shampoo-an tiap pagi, tentunya disesuaikan dengan jenis rambutnya, apakah kering, berminyak, berketombe, dsb.

Setelah bershampo, pakai conditioner, karena shampoo itu membersihkan, bukan melembutkan rambut. Conditioner itu melembutkan rambut dan meminimalkan minyak dalam rambut. Setelah itu, pakai hair tonik untuk memberikan nutrisi, atau hair serum untuk menguatkan struktur rambut dan mengurangi kerontokan serta mempercepat pertumbuhan rambut.

Tambahkan gel atau wax. Ada jenis yang hard ada yang wet look, sesuai keinginan aja. Kalau pakai wax, jangan banyak-banyak karena bakal jadi seperti lem, lengket!

Styling foam, untuk yang jenong-jenong, bisa ditutupin dengan mengoles rambut pakai styling foam. Ada hair protector khusus untuk ……… tiba-tiba perut saya melilit. Maaf gak bisa menjelaskan sampai akhir.

Setelah keluar ruangan, sempat mikir, acara fashion kok ada tips jaga rambut ya? Oh ya, mungkin fashion itu akan makin keluar auranya kalau tubuh sehat, termasuk rambut sehat, hehe.

MHI bicara perawatan rambut. Dok: JFW 09/10.
Iklan

Penulis: Iqbal

cinta dunia jurnalistik dan rekayasa genatika...

4 thoughts on “Men’s Health Indonesia Bicara Rambut”

  1. hmm temen gw dulu pernah merkomendasikan teh yang sudah didiamkan semalam (no sugar ^^v), untuk dibilas ke rambut lho.. katanya berhasiat untuk rmabut rontok dan kusam..

    btw flakseed?? mesti cari tau niy…

    1. flaxseed itu minyak dari semacam biji2an (kalo gak salah)…
      iya, teh basi gw jg pernah denger tuh… kyknya ide2 tradisional kyk gt msh byk deh, kita aja gak tau…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s