DKNY Jeans Ikut Meriahkan JFW 09/10

Jeans yang awalnya hanya digunakan pleh kaum buruh sekarang sudah menjadi barang yang bisa dibilang wajib dimiliki oleh semua lapisan masyarakat. Asia juga tidak mau kalah untuk mengadopsi bahan santai ini. Di Indonesia sendiri, bukan hal yang sulit untuk mencari orang yang menggunakan jeans.

Jeans juga butuh kedinamisan, supaya konsumennya tidak jenuh. Kali ini di Jakarta Fashion Week 09/10, DKNY Jeans ikut berpartisipasi memamerkan keluaran-keluaran barunya yang tidak hanya celana panjang berbahan jeans, tapi juga rok dan jaket.

Dalam bincang-bincang beberapa wartawan dengan beberapa perwakilan DKNY jeans, dijelaskan banyak hal tentang perjalanan DKNY jeans. Umurnya sendiri sudah 20 tahun. Terinspirasi dari kehidupan kota New York yang selalu serba cepat, selalu mau yang baru, itulah DKNY jeans.

Di Indonesia sendiri, DKNY jeans baru masuk tahun lalu dan baru membuat satu tempat penjualan, yaitu di Pacific Place lantai 1. “Kita pilih Pacific Place karena ini baru dan megah juga,” kata Vella, Marketing Communication Club 21, di bawah DKNY jeans.

“Penjualannya sendiri, setahun ini ada prospek di Jakarta. Slow but sure. Pertama-tama mungkin it’s hard kita menyebarkan brand DKNY jeans. Tapi dengan mouth to mouth, orang juga cerita DKNY itu bagus. Keunggulan DKNY itu jeans yang sangat simple. Biarpun kita fashionable kita gak perlu dengan sesuatu yang feminine, tapi dengan jeans juga cukup, kita casual tapi tetap fashionable,” kata Velda Catrinna, Brand Manager dari DKNY Jeans Jakarta.

Sekitar sebulan yang lalu, DKNY jeans sedunia bikin acara DKNY Jeans Competition, dengan tema Break the Rules. Salah satu pemenangnya adalah Kalita dari Indonesia yang umurnya baru 19 tahun. “Waktu itu aku jalan-jalan ke DKNY jeans, terus aku dikomentarin, ‘kamu oke, gayanya street style banget, ikut aja DKNY competition’. Sampai rumah saya langsung foto, itupun Cuma di tempat jemuran rumah, Cuma pakai kamera HP adik saya, saya upload dan ikut jadi peserta. Ternyata menang juara 2. Juara 1 dari Perancis, juara 3 dari Belgium, jadi aku satu-satunya dari Asia,” katanya.

DKNY jeans memang mencari gaya-gaya baru anak muda untuk dikembangkan. Break the Rules juga dijadikan tema show DKNY Jeans hari ini di Fashion Promenade. Show-nya hebat, jeans jadi terkesan tidak seperti biasa.

DKNY jeans bisa dijadikan pembelajaran bagi industri fashion Indonesia. Pasar jeans Indonesia itu luar biasa besar, tapi belum ada brand jeans Indonesia yang menonjol. Yang ada vermak levis atau permak lepis atau fermak lepis, itu aja yang terkenal merambah sampai akar rumput, hehe.

DKNY jeans. Dok: JFW 09/10.
Penulis: Iqbal

cinta dunia jurnalistik dan rekayasa genatika...

7 thoughts on “DKNY Jeans Ikut Meriahkan JFW 09/10”

  1. Duh sebenernya menurut gw orang indonesia itu bukannya ngga ada gigi soal jins.
    tapi karena kita adalah surganya pembajakan..jadi jins2 bagusnya indonesia itu dah jadi label merk ternama lainnya…kalah komersil…hiks
    kadang kala gw suka geleng2 kepala….menghabiskan uang ratusan ribu untuk jins yang branded tapi kalo dicari pasti ada saingannya di bandung (eh..its not me!!)

    jadi silahkan dikagumi..permak lefis adalah usaha paling kreatif sebagai penyelamat mode yg murah meriah di Indonesia…
    dan ngaku aja lag bung..lo lebih pilih mana? yg branded ato yg lokal….karena jins dibuat untuk dirusak oleh pemiliknya…^_^

    1. jawaban jujur (gak dibuat2): empat tahun belakangan, gw selalu bikin jeans di tukang jahit bogor, jd gak ada brand-nya sama sekali… jadi jgn anggap kalo semua orang selalu milih yg branded, jiwa nasionalis bs dipupuk jg dr cara kita beli jeans…
      iya gw setuju kalo vermak levi’s itu kreatif bgt… Indonesia emang kreatif bgt lg…

  2. gw sepakat ama endah….jins indonesia dah di akui kok ama kancah inetrnasional…
    hanya saja yg sangat disayangkan temen2 indonesia lebih pede en bangga klo pake yg international branded makanya pengusaha jins yg okeh2 di indonesia join ama brand2 terkenal…abis klo bikin brand ala indonesia gak bakal dilirik sih…..kalo gw sendiri sih yg penting pas di kaki en pas dikantong…
    oya dari artikel ini akhirnya gw nemu juga penyebab kenapa jins gak boleh masuk di acara2 kenegaraan yg sarat dg aturan…..krn temanya break the rules…
    tapi bukan berarti yg hobi pake jins gak tau aturan ya….ini kan cuma sekedar image biar keliatan casual…bener gak..???

    1. jeans Indonesia mana ya yg diakui internasional ? blm pernah denger gw…
      emang jeans gak boleh masuk acara kenegaraan ya? baru tau jg gw…maaf kurang baca…
      break the rules itu tema lomba yg dibikin DKNY, bukan berarti semua jeans itu break the rules…

      btw, thx ya udah mampir…=)

      1. emang bukan pake brand indonesia bal….tapi didaerah pekalongan ato bandung gw lupa yg produksi kain jeans itu dipake ama brand indonesia (sorry klo data gak lengkap) iya gw kalah dah ama wartawan….
        lo gak denger infotainment ya…klo group band padi gak bisa masuk ke acara kenegaraan yg diselenggarakan oleh kementrian untuk menerima penghargaan untuk lagu bareng ama coklat tp krn pake jins jd gak boleh masuk deh……sorry klo tulisan gw sama sekai gak berbobot malah cenderung ngaco :d

  3. @jeremy: hehe… iya,bsia jadi… tapi bukan itu maksud gw… gw mau nyampein bahwa kita dengan ngasih contoh jins pun si tukang jait bs bikin sama persis….

    @dian: wah, baru tau gw berita PADI itu… thx infonya yan

Tinggalkan Balasan

