18
Nov
09

KATA GHEA

Bukan Ghea berkata, tapi KATA adalah brand dari Kanaya Tabitha yang malam ini di Jakarta Fashion Week 09/10 sepanggung dengan Ghea Panggabean. Kanaya dengan temanya Rockerysistah menampilkan busana cocktail yang ready to wear. Kental sekali nuansa feminine-maskulinnya. Kanaya mendapat inspirasi dari musik-musik rock yang ultrafeminin. “Untuk memperoleh efek rockerysistah ini saya banyak menggunakan bahan velvet, jersey, lather, dan frill. Juga warna yang kuat seperti strong black, silver, dan fuchia violet,” jelasnya. Kanaya berpadu dengan Vj. Marissa dengan koleksi sepatunya.

Di cat walk, karya Kata tampil konsisten dengan busana hitam dihias batu-batu berlian (atau mirip berlian) dan penutup kepala (bukan jilbab) pink. Sarung tangan pink di sebelah tangan makin mempercantik busana total, matching dengan penutup kepalanya. Bagian akhir menurut saya cukup unik. Biasanya desainer tampil di akhir show dan memberi hormat pada hadirin sebagai ucapan terima kasih. Karena Kanaya sedang di Russia, maka anaknya yang tampil. Diiringi dengan dua modelnya, anak laki-laki Kanaya membawa foto Kanaya yang bertuliskan “Thank You”.

Rockerysistah. Dok: JFW 09/10.

Spirit of Java diangkat menjadi tema Ghea malam ini. Inspirasi ia dapatkan dari busana wayang orang, penari keraton, dan kostum priyayi. Cinde yang terpilih menjadi motif Ghea kali ini. “Saya merasa bernostalgia dengan menerapkan rancangan pada velvet, chiffon, satin, thai silk, dan crepe dengan warna yang melambangkan busana priyayi Jawa seperti hitam, marun, hijau emerald, dan hijau kunyit. Ada pula aplikasi border sulam emas gaya Jawa dan lambing mahkota merupakan gaya detil pemanis,” kata Ghea yang tahun depan umurnya genap tiga dasawarsa. Ghea memang puny aide yang selalu ada-ada saja. Unik sekali etnik yang diangkatnya. Tidak sedikit juga orang yang merekomendasikan desain etnik padanya. Kalau etnik ya Ghea.

Coba deh dibayangin, manset yang biasa ibu-ibu pakai itu dipasang di luar. Mungkin terinspirasi dari superman kali ya…=p Tapi ready to wear menurut saya. Koleksi tas juga ikut dipamerkan. Ada tas tangan yang dililit dengan kain batik, jadi ikut melambai seiring melangkahnya sang model. Boleh nih jadi tren, kain batik yang dililit ke tas. Ada stoking yang bermotif batik seakan-akan kulit kakinya ditato batik. Tato batik? Wah lucu tuh. Ada juga jubah hitam murni, setelah dicari-cari mana motif batiknya, ternyata ada di bagian dalam jubah itu. Ghea emang sip deh.

Spirit of Java. Dok: JFW 09/10.

Iklan

8 Responses to “KATA GHEA”


  1. 1 putra
    November 18, 2009 pukul 2:30 pm

    dipasarkan secara luas ato gmna neh bro?

  2. November 18, 2009 pukul 2:56 pm

    mereka punya store nya masing2…
    ini putra jogja yah? wah, sayang sekali, jogja gak ada tuh… hehe

  3. 3 irene
    November 19, 2009 pukul 2:43 am

    keren bgt ini leggingnyaaaa….

    harus dikasih tau juga bal….definisi batik tuh sebenrnya apa sih…
    karna setau gw…sekarang banyak banget kain meteran motif batik yang buatan bukan Indonesia…
    dan harganya murah bgt…ini kan merugikan pengerajin batik dan membuat orang2 males beli batik yang asli karna harganya mahal…padahal batik itu memang harus mahal karna pembuatannya yang sulit, motifnya yang keren, warnany yang berbeda…jadi sebanding dong harganya..

    siapa lagi yang harus memajukan industri ini klo bukan kita??jadi klo beli batik, belilah yang ASLI..

  4. November 19, 2009 pukul 3:53 am

    definisi batik dlm acara ini kyknya lebih cenderung ke batik tulis deh, atau minimal cap lah…
    kalo plagiator di manapun akan selalu ada ren, dia bikin harga rendah karena tau orang kita suka produk bagus dgn harga murah, walaupun imitasi…

    “belilah yang asli” kyknya agak susah diterapkan ren, kasian kan orang2 yg gak pny banyak duit tapi mau ikut make produk batik… mungkin bakal lebih bijak:
    “kalo beli batik, belilah yang ASLI… kalopun gak mampu, belilah yang print tapi Indonesia punya” hehe…

  5. 5 ucikokom
    November 19, 2009 pukul 11:03 am

    dulu gw pernah ngayal tato batik!! ehehheee…..
    kl ngliat leggingnya, sekilas gak kaya batik, tp kaya snow….(snow apa si tuh namanya? ada8 garis2 saling silang gt jg… snow flakes bukan ya..?)

    hm, gw jg pernah beli kemeja -mirip- batik di gede bage. padahal gede bage kan dapetnya dr korea ato jepang..
    memang kan katanya tiap negara punya motif batiknya masing2.kita yg indonesia, katanya cinta batik, sudah tahukah batik indonesia? saya jg belum si..
    mudah2an, kecintaan thd batik -atau apapun yg indonesia- bukan musiman dan ikut2an…
    btw, kemeja gede bage itu satu2nya baju “batik” yg saya punya (selain batik sekolah. tp kain batik nganggur di rumah sih banyaaakk….)

    • November 19, 2009 pukul 11:12 am

      semoga begitu ya, gak cuma musiman, tapi emang gak musiman deh kyknya, paling nggak beberapa tahun ke depan trennya masih batik… yg gw liat di acara ini batiiiiik mulu, ada juga tenun, yang non Indonesia murni palingan cuma 20% lah…
      batik nganggur kasihin anak jalanan aja tuh… kan keren anak jalanan pake batik, hehe

  6. 7 Mamay
    November 20, 2009 pukul 12:09 am

    Perpaduan yang unik d satu panggung menampilkan 2 sisi yg b’beda di satu sisi feminim namun ttp maskulin d sisi lain ttp menonjolkan sisi budaya indonesia bgt.. bukan hnya batik tp jg hal2 seperti busana2 tradisionak sepert busana wayang orang,penari kraton serta kostum priyayi bs jd inspirasi, hal yg kadang2 sudah d lupakan oleh anak muda jaman sekarang, semoga hal2 seperti ini dapat terus memotivasi anak muda seperti kita untuk terus melestarikan budaya yang da d indonesia..

    • November 20, 2009 pukul 1:37 am

      eit…. belum dilupakan kok…
      desainer2 muda yg ikut andil di acara ini banyak bgt yg ngangkat kain2 indonesia…
      kalo bicara pasar, mungkin karena harganya mahal kali ya, bukan karena orang gak suka dgn motifnya


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


November 2009
S S R K J S M
« Okt   Des »
 1
2345678
9101112131415
16171819202122
23242526272829
30  

%d blogger menyukai ini: