16
Nov
09

Fashion Berbalut Islam 2

logoJFW001Jeny Tjahyawati membawakan tema Matryoshka dengan gaya modern etnik. Terlihat perpaduan budaya Rusia dan Indonesia, lebih detilnya motif boneka khas Rusia dipadu dengan motif songket Klungkung. Warna-warna pastel, ungu, hijau, dan krem marak terlihat. Beberapa boneka digantung jadi kalung. Sepertinya boneka yang jadi kalung ini ready to wear banget deh. Bisa nge-tren di 2010 nih sepertinya. Backsound yang dipakai bikin berasa lagi nonton film-film James Bond. Hehe. Sesuai konsep banget.

Kalung boneka yang khas dari Jeny. Dok: JFW 09/10.

Ida Royani yang namanya sudah cukup melegenda dalam kelas busana muslim menampilkan tema Beautiful Nusa Tenggara. Baru kali ini saya langsung ngerti maksud tema tanpa baca penjelasan. Pastinya banyak menggali kekhasan Nusa Tenggara. “Saya ingin mengangkat keindahan dan keunikan kain-kain etnik dari Nusa Tenggara Barat dan Nusa Tenggara Timur menjadi busana yang sudah tua, hasil rancangan saya jadi terlihat lebih etnik dan eksotis,” kata Ida sebelum show. Beberapa model jalannya telaten banget, mirip putri Solo. Mungkin karena menggunakan kain songket yang diameter bawahnya minim kali ya. Supaya gak kesandung.

Beautiful Nusa Tenggara. Dok: JFW 09/10.

Hannie Hananto tampil sebagai desainer ketiga dalam sesi busana muslim kedua dalam Jakarta Fashion Week 09/10 ini. Temanya Benji Imaji dengan gaya modern. Benji adalah nama motif batik kuno Jogja dan Cirebon yang terpengaruh motif ukiran Cina. Kolaborasi pink dan hijau yang jadi warna dominan. Motifnya itu mirip labirin. Atau bisa juga mirip chip prosesor. Hehe.

_RVN4644

Benji Imaji. Dok: JFW 09/10.

Monica Jufri memajang The Eclectic Batavia sebagai temanya kali ini. Ia terinspirasi dari pencampuran beberapa unsur budaya -Melayu, Arab, Cina, dan India- yang terdapat dalam budaya Betawi. Juga dari busana pengantin dan kostum tari Betawi. “Keunikan lain terletak pada ornament yang digunakan, mulai dari border, payet, serta sisa-sisa benang bordir yang dijahit acak,” kata wanita lulusan sekolah mode Susan Budihardjo ini. Abu-abu dan kuning pucat jadi warna dominan yang dicampur pada enam busana awal. Tapi enam busana terakhir mengapresiasi abu-abu dan merah.

_RVN4825

The Ecletic Batavia. Dok: JFW 09/10.

Anne Rufaidah menjadi penutup sesi ini, sekaligus menjadi penutup sesi busana muslim. Ia mengusung tema Lost in Space. Warna yang banyak adalah dominan abu-abu atau dominan coklat muda. Beberapa modelnya juga memamerkan tas tangan.

_RVN4853

Lost in Space dari Anne. Dok: JFW 09/10.

Semangat para desainer busana muslim ini terus beranjak. Budaya-budaya lokal ikut banyak diangkat. Semoga 2010 busana muslim makin menggelora lagi karena imbas karya-karya desainer ternama di atas.


6 Responses to “Fashion Berbalut Islam 2”


  1. November 17, 2009 pukul 7:43 am

    keren-keren gan fashionnya, apalagi wanita-wanita berbalut busana muslimahnya.hehehehe. tapi semoga desainer2nya tidak lupa dan tidak meninggalkan arti “busana muslimah”. busana muslimahnya di desain keren tanpa mengurangi arti busana itu, weis nampoliponik gan!! salut!! sukses buat acaranya yak!!

  2. November 17, 2009 pukul 10:20 am

    iya, gw juga paling suka yang busana muslimnya…

  3. November 18, 2009 pukul 11:29 am

    Menggali Busana Nusa Tenggara ya Bal? Menarik juga.. Menunjukkan kalau di Indonesia masih ada satu daerah selain Bali, Jawa, Aceh, Maluku, Papua, Sumatera, dan Kalimantan (Indonesia banyak juga ternyata).

    Dari NTT & NTB itu nama busana daerahnya apa Bal? Batik juga kah?

  4. November 18, 2009 pukul 12:55 pm

    iya, salah satu desainernya (Ida Royani) ngangkat Nusa Tenggara….
    hehee…maaf gak tau jer, tp kyknya gak ada motif batik2nya…mungkin tenun kali

  5. 5 yunda
    November 19, 2009 pukul 2:31 am

    oi bal.. baju-baju muslimnya keren…^^
    menurut gw bal, baju muslim tuh yang penting ga memperlihatkan lekuk tubuh wanita trus modelnya sederhana (ga menarik perhatian dan modelnya ga terlalu heboh) biar ga terlalu menarik perhatian.. kayak Benji Imaji-nya Hannie Hananto tuh, cuma maenin corak batik trus warna-warnanya soft.. nah, boneka kalungnya Jeny juga gw suka!! secara sekarang udah banyak model-model baju muslim dan terkadang modelnya mentok itu-itu aja, boneka kalungnya Jeny bisa jadi pilihan unik dan jadi trendsetter tuh buat ke depannya..two thumbs up lah!!
    btw gw jadi pengen nonton bal.. tapi gw suka menggila kalo ngeliat baju2 bagus..hahahaha

  6. November 19, 2009 pukul 3:58 am

    keren donk pastinya, gak banyak negara yang punya desainer baju muslim, dan yg lo liat di atas itu top2nya desainer baju muslim Indonesia, ya pasti keren donk…

    iya, dr awal gw jg prediksi kalung boneka bakal jadi tren tuh…

    wah nda, lo telat bgt kalo baru pengen nontonnya sekarang… udah beres acaranya, tinggal ntar malem ada fashion knight, 10 top desainer Indo, tp sayangnya acaranya tertutup, gw jg gak boleh masuk… tungguin aja JFW taun depan, hehe…


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


November 2009
S S R K J S M
« Okt   Des »
 1
2345678
9101112131415
16171819202122
23242526272829
30  

%d blogger menyukai ini: