24
Nov
08

Squatting, Kenapa Tidak?

squatting, salah satu gaya hidup kaum urban

squatting, salah satu gaya hidup kaum urban

Kurang lebih begini gambaran Squatting. Ada gedung/rumah kosong di salah satu tempat. Selama setahun, rumah itu tetap kosong. Lalu masuklah sekelompok orang dengan mendobrak atau mencungkil lubang kunci pintu. Kemudian mereka tinggal di rumah itu. Peduli setan siapa yang punya rumah itu. Tingkah seperti ini disebut squatting.

Beberapa waktu kemudian, mereka berkenalan dengan tetangga di sekitarnya. Mereka menjalin komunikasi layaknya tetangga. Mereka tidak merampok, mereka hanya ingin tinggal di rumah kosong. Ada yang dirugikan?

Hampir semua Negara menganggap kerjaan squatting ini illegal, masuk ke tindakan criminal. Tapi tidak untuk Belanda.

Pemerintah Belanda punya hukum yang mengatakan bahwa orang bisa tinggal di sebuah rumah dengan syarat dia punya kasur, meja, sama kursi. So, squatter gak salah di poin ini. Hukum ini juga yang menjadikan Squatting tumbuh subur di Belanda. Ini legal di Belanda, asalkan dia udah pastiin gak ada yang menghuni rumah itu selama 12 bulan.

Cuma, mereka biasanya merupakan golongan anak2 muda yang suka jedag jedug, jadi mereka bikin party sendiri di rumah yang bukan rumah mereka itu. Berontaklah si tetangga. Tapi ini kasus. Banyak juga yang aman2 aja jadi squatter bertahun-tahun.

Lucunya, sekelompok bocah2 ini punya buku “The Squatters Handbook” yang dikeluarin sama Advisory Service for Squatters (ASS). Weleh weleh. Ada pula begini2annya. Adanya ASS menjadi indicator bahwa squatter tu bejibun. Ada yang berminat?

Udah banyak loh squatters asal Indo. Sebetulnya definisi squatting gak Cuma terbatas pada penguasaan gedung kosong aja, tapi juga tanah kosong, lebih tepatnya tanah yang dianggap kosong. Wiiih, orang Indo cepet banget nih ngisi yang kosong2 begini. Modal kardus juga jadi. Emang insting invasi orang Indo dahsyat deh!

Iklan

2 Responses to “Squatting, Kenapa Tidak?”


  1. November 24, 2008 pukul 2:53 pm

    Orang yg suka PGT termasuk ga ya???

  2. November 24, 2008 pukul 2:59 pm

    hmmm…kyknya nggak deh…
    kan PGTers dikasih Hak Penggunaan Bangunan sama pemilik bangunan


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


November 2008
S S R K J S M
« Okt   Des »
 12
3456789
10111213141516
17181920212223
24252627282930

%d blogger menyukai ini: