Toilet Mal Berbayar

ini foto boks yang ada di depan toilet mall Malioboro di Jogja
ini foto boks yang ada di depan toilet mall Malioboro di Jogja

Memang pernah ketika itu, seorang narasumber saya bercerita tentang pusat perbelanjaan seperti mal-mal di luar negeri mempunyai toilet yang kalau kita gunakan maka ada tarif yang dijatuhkan, seperti di terminal dan stasiun Indonesia pada umumnya.

Pada awalnya saya tidak percaya tentang kebenaran cerita tersebut karena keadaannya berbeda jauh dengan yang saya alami di banyak mal Jakarta-Bogor.

Tapi kepercayaan itu runtuh ketika saya memasuki mall Malioboro di Jogja. Toilet di sini berbayar, Rp1.000. Ada semacam boks yang dipajang rapi di depan toilet bertuliskan Rp1.000. Boksnya tidak seperti yang ada di toilet terminal dan stasiun yang mirip sekali kotak amal di masjid-masjid, tapi di mall Malioboro ini, boksnya elegan. Warnanya sinergis dengan cat dindingnya. Seakan-akan boks ini dibuat dengan sengaja. Waktu itu, saya pikir ini tipuan saja, apalagi tidak ada penjaganya.

Ternyata beberapa tulisan blog bercerita memang di beberapa tempat diberlakukan aturan seperti itu. Ada yang mengatakan bahwa memang trennya menuju ke toilet mal berbayar. Jangan-jangan nanti toilet hotel dan fast food memberlakukan toilet berbayar juga? Semoga tidak.

Iklan

Penulis: Iqbal

cinta dunia jurnalistik dan rekayasa genatika...

1 thought on “Toilet Mal Berbayar”

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s