26
Sep
08

Debat Politik Atau Adu Ayam?

Semalam, seru sekali acara Debat Politik di TV One. Kali ini PNBK vs PPP. PNBK menuding-nuding PPP tidak bisa membuat produk undang-undang yang sesuai dengan pancasila. Memang di pemerintahan atau di kursi dewan tidak semuanya adalah kader PPP tapi kader PPP ikut dalam segala keputusan perundang-undangan. Menurut PNBK, produk undang-undang yang ada saat ini tidak baik, berarti orang-orang yang membuatnya tidak baik, termasuk PPP.

Lalu kader PPP membalikkan lagi pernyataan dari PNBK, jaminan apa yang bisa diberikan PNBK kalau akan menghasilkan produk hukum yang bagus? Tidak ada jawaban yang memuaskan di dalamnya.

Saya melihat perdebatan tersebut seru-seru saja. Itu egoisnya saya. Bagaimana membalikkan statement yang menjatuhkan dirinya, bagaimana menjawab dengan tidak menyentuh jawaban yang diinginkan, bagaimana berlagak tidak ada masalah apa-apa ketika sisi kelam pribadinya diangkat, semua cara itu bisa menjadi pelajaran yang mungkin juga bisa diikuti.

Tapi, menurut saya ada sisi buruk dari acara ini. Parpol yang satu seperti dibuat bermusuhan dengan parpol lainnya. Saya memang kurang mengerti apa itu demokrasi, apa seperti ini cara berdemokrasi? Kalau iya, berarti citra baik demokrasi di mata saya agak sedikit tercoreng.


1 Response to “Debat Politik Atau Adu Ayam?”


  1. 1 edol_bojong
    September 26, 2008 pukul 6:31 am

    yah…. biasalah mas….. ga aneh…dri dlu klo saya perhatiin… ya, emang gada yang mo disalahin contoh ni. waktu BBM mau naik jaman bu mega… PDIP mendukung 100%, dan partai lain menolak, sekarang jg sama kejadinnya begitu. jaman pak SBY, BBM naik PDIP menolak 100%.
    klo saya amanti setiap stasiun tv waktu marak-maraknya isu tersebut, ada kubu yg kontra dan pro.
    menutut hemat saya yang kpro beri penjelasan yang detil, jelas, dan pas. buat yang kontra JANGAN CUMA BISA NGATA-NGATAIN, N BILANG ada alternative lain, mana buktinya bisa ini-bisa itu, ada cadangan dana ini dana itu….. mana BOZZZ… jangan bikin rakyat binggung dengan komentar yang cma buat kepentingan kelompok/pribadi.
    itu gambaran kecil yang selalu saya lihat ketika ada usul kenaikan. ga pernah ada jalan keluarnya.


Tinggalkan Balasan

September 2008
S S R K J S M
« Jun   Okt »
1234567
891011121314
15161718192021
22232425262728
2930  

