30
Jun
08

Obat Herbal, Bahayakah?

Semuanya punya plus minus, termasuk obat herbal

Semuanya punya plus minus, termasuk obat herbal

Dalam satu bulan ke belakang, gencar kita dengar di berbagai media tentang kasus penyitaan berbagai jenis jamu di berbagai wilayah oleh BPOM. Jamu-jamu tersebut terindikasi merusak satu atau lebih organ dalam tubuh manusia karena konsentrasinya melewati dosis aman. Dengan gencarnya pemberitaan tersebut, masyarakat yang biasa mengonsumsi jamu industri berpikir dua kali untuk meneruskan kebiasaannya itu. Tidak hanya jamu-jamu industri, obat-obat herbal juga kena getahnya. Sebagian masyarakat tradisional akhirnya ikut-ikutan mengucapkan selamat tinggal pada kebiasaannya menggunakan tanaman herbal. Padahal, mereka sudah menggunakan herbal bertahun-tahun dengan tidak ada efek bahaya yang dirasakan.

Latifah K Darusman, Kepala Pusat Studi Biofarmaka, menyayangkan hal tersebut. ”Sebetulnya kebiasaan mereka itu baik. Apalagi sudah dilakukan sejak dahulu kala oleh nenek moyang mereka. Tentunya dengan pengalaman tersebut, dosis telah sesuai dengan manusia. Mereka kan juga tidak terus-terusan menggunakan tanaman herbal tersebut. Kalau habis datang bulan, minum rebusan ini, kalau batuk, minum rebusan itu. Semua itu hanya dilakukan pada waktu-waktu tertentu, jadi aman,” jelas Latifah.

Jadi, sudah jelas bahwa tanaman-tanaman herbal yang biasa digunakan nenek moyang kita itu tidak berbahaya untuk dikonsumsi. Bahkan, banyak cerita yang menyebutkan obat herbal lebih ampuh dari obat-obat sintetis dari apotek.

Penelitian yang penulis lakukan adalah penelitian payung yang bertujuan mengamati efek klinis pada kelinci akibat pemberian beberapa obat herbal. Berawal dari penelitian-penelitian seperti inilah obat-obatan kedokteran muncul.

Iklan

1 Response to “Obat Herbal, Bahayakah?”


  1. Juli 5, 2008 pukul 10:56 am

    bahasanya..wartawan banget..
    bal, lo dah S.Si ya? gw blom nih..


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


Juni 2008
S S R K J S M
« Apr   Sep »
 1
2345678
9101112131415
16171819202122
23242526272829
30  

%d blogger menyukai ini: